Analisis Kebijakan Pemerintah Dalam Meningkatkan Kualitas Guru Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Madrasah Aliyah Se-Kota Ende (Studi Evaluasi Di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende Tahun 2019-2020)
Abstract
Guru merupakan ujung tombak kemajuan pendidikan, apabila guru yang
dimiliki memiliki kompetensi yang baik maka sudah bisa dipastikan output yang
dihasilkan juga akan baik. Namun kenyataannya tidak selalu demikian, berdasarkan
survei Education Index yang dikeluarkan oleh Human Development Reports, pada
2017, menunjukkan bahwa Indonesia berada di posisi ketujuh di ASEAN dalam
bidang pendidikan dengan perolehan skor 0,622. Belum lagi permasalahan
mengenai kenakalan siswa yang hingga saat ini masih menjadi momok dalam dunia
pendidikan mengisyaratkan bahwa peran guru selama ini hanya sebatas mengajar
materi di kelas, terlebih guru agama dianggap masih lemah karena belum bisa
mentransformasikan nilai-nilai esensi dari ajaran Islam secara menyeluruh dalam
proses pembelajaran.
Adanya tuntutan mengajar di kelas serta pengembangan akhlak siswa
dengan tidak disertai adanya program pengembangan kualitas serta kesejahteraan
guru dirasa memberatkan pihak guru. Pemerintah tentu tidak bisa hanya
mengandalkan pihak sekolah semata, namun perlu ada andil dari pihak pemerintah
guna menangani permasalahan pendidikan yang telah menjadi momok selama
puluhan tahun. Agar pelaksanaan pendidikan lebih terarah maka diperlukan suatu
kebijakan yang menjadi acuan dasar serta sebagai payung hukum guna mengatasi
adanya permasalahan dalam dunia pendidikan. Kebijakan yang telah ditetapkan
diharapkan nantinya dapat meningkatkan kualitas pendidikan yang ada.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan/field research,
dimana dalam proses pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan Kasi
Pendais serta dokumentasi data dari pihak Kemenag Kabupaten Ende. Berdasarkan
hasil penelitian dan dokumentasi dengan mengacu kepada empat aspek utama yaitu
kebijakan, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi maka disimpulkan bahwa secara
umum kebijakan serta program yang telah dijalankan oleh pihak Kementerian
Agama Kabupaten Ende dalam rangka pengembangan dan peningkatan kualitas
guru sudah baik sesuai anjuran undang-undang yang mengarah kepada kualifikasi,
sertifikasi serta kompetensi pendidik. Namun demikian, hasil yang diperoleh masih
belum maksimal. Indikasi ini dapat dilihat dari kurangnya rasa tanggung jawab guru
untuk terus mengembangkan diri. Oleh karena itu perlu adanya kesadaran dari
dalam diri guru untuk dapat terus mengembangkan kompetensi serta kualitas
sebagai bentuk tanggung jawab dalam mengajar. Sementara itu dari segi anggaran
masih terdapat kekurangan yang menyebabkan tidak semua program dapat berjalan
secara baik.
Collections
- Islamic Education [862]