Pengaruh Iklim Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD Bonggalan Kecamatan Sanden BantulTahun Pelajaran 2014 / 2015
Abstract
Keberhasilan siswa dalam pembelajaran didukung oleh berbagai faktor,
yaitu faktor dari dalam diri siswa itu sendiri, dan faktor dari luar siswa Faktor
yang ada dalam diri siswa adalah faktor kematangan atau pertumbuhan,
kecerdasan, motivasi, latihan, minat dan faktor pribadi. Sedangkan faktor di luar
siswa adalah faktor iklim keluarga, guru dan cara mengajarnya, alat-alat yang
digunakan dalam belajar mengajar, lingkungan belajar, dan lain sebagainya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh iklim keluarga
terhadap motivasi belajar siswa SD Bonggalan Kecamatan Sanden Kabupaten
Bantul Tahun Pelajaran 2014/2015
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan pendekatan
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Bonggalan Kecamatan
Sanden Bantul, dan yang dijadikan sampel atau penelitian populasi adalah siswa
SD Bonggalan Kecamatan Sanden Bantul yang berjumlah 169 dengan sampel
sebanyak 56 siswa yang diambil dengan teknik stratified proporsinal random
sampling. Instrumen penelitian data menggunakan angket/kuesioner, dengan
teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier.
Hasil penelitian menunjukkanIklim Keluarga (X) berpengaruh signifikan
terhadap motivasi belajar siswa(Y) sebesar 8,6% sebagaimana ditunjukkan oleh
perolehan nilai Adjusted R 2 sebesar 0,086. Sedangkan sisanya sebesar 91,4%
dijelaskan oleh sebab-sebab lain atau dengan kata lain pengaruh iklim keluarga
terhadap prestasi belajar siswa sebesar 8,6 % dan sisanya 91,4% adalah faktor
lainnya; Pengaruh Iklim Keluarga (X) terhadap motivasi belajar (Y) positif.
Collections
- Islamic Education [861]