REPRESENTASI NILAI – NILAI KEPAHLAWANAN PADA IKLAN BUKALAPAK Analisis semiotika iklan bukalapak di youtube versi medok pendekar jari sakti
Abstract
Bukalapak sangat inovatif dalam memanfaatkan media youtube sebagai media beriklan. Di beberapa iklannya, bukalapak cenderung menggunakan tema pahlawan. seperti digambarkan di versi “medok pendekar jari sakti”, aktor utamanya digambarkan sebagai seorang pahlawan.
penelitian ini mengkaji tentang iklan bukalapak di youtube versi medok pendekar jari sakti. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis representasi nilai – nilai kepahlawanan pada iklan bukalapak di youtube versi medok pendekar jari sakti.
Teknik analisa data yang digunakan adalah semiotika John Fiske dengan menggunakan kode – kode televisi. Unit analisis penelitian ini yaitu tangkapan layar yang diambil dari iklan bukalapak versi medok pendekar jari sakti. Penelitian ini menggunakan paradigma kritis.
Hasil penelitian menunjukan representasi nilai – nilai kepahlawanan pada iklan bukalapak versi medok pendekar jari sakti adalah terdapat pada realitas visual yang menunjukan makna keberanian, keperkasaan, dan rela berkorban. Keberanian direpresentasikan melalui tampilan visual dimana mas Medok dikelilingi oleh enam preman, dalam posisi dikelilingi preman tersebut, justru divisualkan mas medok dengan badan tegap dan mengacungkan jari ke arah ketua preman. Keperkasaan yang digambarkan melalui pertandingan panco yang dimenangkan oleh mas Medok. Rela berkorban direpresentasikan melalui visual dimana mas Medok melindungi orang lain dari serangan pemuda, dan rela berkorban lainnya digambarkan dari melalui kerelaan mas Medok berhias dan menyamar menjadi setan palsu untuk mengungkap kejahatan suatu kelompok.
Tetapi realitas yang dibangun oleh pembuat iklan dalam hal penampilan mas medok merupakan suatu hiperealitas. Dilihat dari unsur tanda seperti mengenakan kaos oblong, celana jeans, rambut yang dibiarkan terurai bahkan agak menggimbal, mengenakan kalung, dan bertato, tadi tidak cukup memberikan informasi bahwa mas Medok adalah representasi seorang pahlawan. Maka dari itu penulis beranggapan bahwa penggambaran realitas dalam hal penampilan mas medok dalam iklan bukalapak ini merupakan suatu perekayasaan.
Collections
- Communication [949]