Pengaruh Praktik dan Kapabilitas Manajemen Kualitas Rantai Pasokan Terhadap Kinerja Operasional dan Inovasi (Studi Empiris Pada Industri Kedai Kopi di Daerah Istimewa Yogyakarta)
View/ Open
Date
2018-11-01Author
Hafidh Hanindyo Mahdyantoro, 15311168
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Praktik dan Kapabilitas
Manajemen Kualitas Rantai Pasokan terhadap Kinerja Operasional dan Inovasi
dengan Praktik Manajemen Kualitas Rantai Pasokan sebagai variabel mediasi.
Populasi dalam penelitian ini adalah industri kedai kopi di provinsi Daerah
IstimewaYogyakarta. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 127
responden. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, peneliti menentukan
kriteria sampel dalam rangka pengumpulan informasi dari target spesifik karena
setiap elemen populasi tidak memiliki karakter yang sama untuk menjadi sampel
penelitian, tetapi hanya elemen populasi yang memenuhi syarat tertentu yang akan
ditetapkan menjadi sampel dalam penelitian. Pengujian hipotesis dalam penelitian
ini menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM). Dari hasil
penelitian ini ditemukan bahwa Praktik Manajemen Kualitas Rantai Pasokan
memiliki pengaruh positif terhadap Kapabilitas Manajemen Kualitas Rantai
Pasokan, Kinerja Operasional, dan Kinerja Inovasi. Ditemukan juga bahwa Praktik
Manajemen Kualitas Rantai Pasokan memiliki pengaruh positif terhadap Kinerja
Operasional dan Kinerja Inovasi. Selain itu ditemukan pengaruh positif Kinerja
Inovasi terhadap Kinerja Operasional. Pengaruh positif juga ditemukan dari
Kapabilitas Manajemen Kualitas Rantai Pasokan yang memediasi hubungan
Praktik Manajemen Kualitas Rantai Pasokan terhadap Kinerja Operasional dan
Inovasi.
Collections
- Management [4548]