Analisis Proses Pemberian Kredit Dan Penyelesaian Kredit Bermasalah Pada PT . Bank Mandiri (Persero) TBK Cabang Yogyakarta
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis mengenai : 1) persyaratan kredit, 2) proses pemberian kredit, 3) kualitas kredit, 4) penyelesaian kredit bermasalah pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang Yogyakarta. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh yaitu dari informan, dan dokumen Standar Operasional Prosedur (SOP). Tekhnik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Simpulan penelitian ini adalah : 1) Persyaratan yang diajukan oleh PT.Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang Yogyakarta dalam pengajuan kreditnya yaitu dengan menyerahkan proposal permohonan kredit yang didalamnya mengenai data diri calon nasabah, 2) Proses pemberian kredit yang dilakukan sudah sangat baik, karena prosesnya dilakukan dengan sangat hati-hati dan sangat ketat dalam proses analisisnya, hal ini dibuktikan dengan penggunaan 2 (dua) metode analisis yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif, 3) Kualitas kredit yang ada pada Bank Mandiri Cabang Yogyakarta terkategori baik, karena perkembangan rasio Non Performing Loan (NPL) masih berada pada peringkat 2 (dua), 4) Upaya penyelesaian kredit bermasalah ( Non Performing Loan) dilakukan dengan cara penanganan, pengalihan, pembinaan, penyelamatan, penyelesaian kredit, hapus buku dan hapus tagih.
Collections
- Management [4703]