Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Pembelian Ulang Mc Donald's pada Konsumen di Yogyakarta: Melalui Pendekatan Merek Hijau
Abstract
Merek hijau merupakan produk ramah lingkungan yang mudah di daur ulang, dimana merek hijau merupakan bagian dari konsep pemasaran hijau. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar minat pembelian ulang Mc Donald‟s pada konsumen di Yogyakarta yang dipengaruhi oleh citra merek hijau dan sikap merek hijau yang kemudian dimediasi oleh kepuasan merek hijau serta kepercayaan merek hijau. Objek penelitian merupakan masyarakat di Yogyakarta yang pernah mengonsumsi Mc Donald‟s. Sedangkan metodologi yang digunakan dengan kuisioner online yang mencakup 105 responden, lalu data yang telah didapatkan dianalisis menggunakan structural equation modelling (SEM) dengan AMOS 26. Hasil penelitian didapatkan bahwa kepuasan merek hijau, kepercayaan merek hijau, serta sikap merek hijau mempengaruhi minat pembelian ulang. Dimana kepuasan merek hijau dan kepercayaan merek hijau turut dipengaruhi oleh citra merek hijau. Kepuasan merek hijau merupakan variabel yang paling berpengaruh secara signifikan terhadap minat pembelian ulang.
Collections
- Management [4527]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pengaruh Pengetahuan Merek Hijau dan Sikap Atas Merek Hijau Terhadap Niat Beli Produk Hijau Brand Fashion Nike pada Masyarakat Indonesia
Rizal, Ichsan (Universitas Islam Indonesia, 2023)Riset ini diperuntukan dalam memeriksa penagruh niat beli produk hijau dengan metode sampling non-probabilitas menggunakan kriteria responden pilihan meliputi masyarakat Indonesia khususnya yang mengetahui atau ... -
Analisis Niat Beli Hijau pada Produk IKEA Pengaruh dari Kesadaran Hijau dan Citra Merek Hijau di Indonesia
Dulhijj, Daky Muhammad (Universitas Islam Indonesia, 2023)Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis niat beli hijau pada produk IKEA di Indonesia dengan citra merek hijau dan kesadaran merek hijau sebagai variabel bebas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif ... -
Analisis Niat Beli Hijau pada Produk IKEA Pengaruh dari Kesadaran Hijau dan Citra Merek Hijau di Indonesia
Dulhijj, Dzaky Muhammad (Universitas Islam Indonesia, 2023-11-20)Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis niat beli hijau pada produk IKEA di Indonesia dengan citra merek hijau dan kesadaran merek hijau sebagai variabel bebas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif ...