dc.description.abstract | Industri mode khususnya sepatu sedang mengalami peningkatan yang cukup
pesat, ini di tandai banyaknya model-model sepatu yang bermunculan terutama sepatu
merk Converse. Sepatu ini sangat disukai di kalangan masyarakat terutama remaja. Itu
terbukti dari banyak yang menggunakan sepatu merk Converse. Dalam membeli sepatu
banyak hal yang harus dipertimbangkan konsumen. desain produk, kualitas produk, dan
citra merek merupakan hal yang harus dipertimbangkan konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara serentak dan parsial
variabel desain produk, kualitas produk, citra merek terhadap minat beli produk sepatu
merk Converse di Yogyakarta, serta mengetahui pengaruh variabel yang paling
dominan terhadap minat beli sepatu merk Converse di Yogyakarta. Populasi yang di
gunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan sepatu merk
Converse di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan
convenience sampling, yaitu dengan memberikan angket kepada masyarakat yang
menggunakan sepatu merk Converse dengan jumlah sampel 96 responden. Teknik
analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji T, uji F, koefisien
korelasi berganda, koefisien determinasi berganda, analisis korelasi parsial.
Hasil penelitian menemukan bahwa (1) ada pengaruh variabel desain produk
secara signifikan terhadap minat beli produk sepatu merk Converse, (2) ada pengaruh
variabel kualitas produk secara signifikan terhadap minat beli produk sepatu merk
Converse, (3) ada pengaruh variabel citra merek secara signifikan terhadap minat beli
produk sepatu merk Converse, dan (4) variabel yang dominan mempengaruhi minat
beli adalah variabel desain produk dengan koefisien determinasi parsial terbesar yaitu
sebesar 14,6%. Hal ini berarti desain produk merupakan pertimbangan utama bagi
konsumen dalam membeli sepatu merk Converse. | id |