Pengaruh Iklan Testimonial Sabun Dove Versi Pembuktian Terhadap Minat Beli Konsumen
Abstract
Kampanye iklan tekvisi yang makin marak membuat para produsen harus
berpikir keras untuk rnembuat suatu kampanye iklan yang efektif dan efisien,
artinya suatu iklan harus mampu menarik perhatian target audience dan tidak
hanya menarik perhatian saja tetapi target audience juga harus mampu memahami
dan mengeriti pesan iklan yang disampaikan sehingga target audience
mendapatkan sesuatu dari iklan tersebut. Tidak hanya itu diantara maraknya
kampanye iklan di televisi produsen juga dituntut untuk beriklan dengan biaya
yang lebih rnurah tetapi tetap efektif. Maraknya iklan testimoni di televisi
sekarang ini dikarenakan iklan dengan gaya ini dirasa efektif dan efisien iklan
dengan jenis ini memang hanya mengandalkan kesaksian testifier. Tetapi itulah
kelebihan dalam iklan jenis ini, diharapkan target audience dapat mempercayai
kesaksian testifier tersebut dan akan mengikutj jejak testifier tersebut.
Peneiitian ini akan mengukur sejauh mana iklan testimoni sabun dove
dengan versi pembuktian mempengaruhi minat beli konsumen. Menurut Kotler
and Armstrong (2002) iklan testimony adalah iklan yang menampilkan sumber
yang dapat dipercaya atau disukai yang mendukung produk tersebut . Sumber
tersebut mungkin orang kebanyakan yang menyatakan seberapa besar dia
menyukai produk tersebut atau seorang selebriti yang menampilkan produk
tersebut. Variabel yang digunakan untuk megukur Pengaruh iklan testimoni
sabun dove dengan versi pembuktian terhadap minat beli konsumen ini adalah
testifier, pembuktian, dialog/aspek verbal dan seting iklan. Variabel seting iklan
merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap minat beli konsumen, dan
variabel yang tidak berpengaruh secara signifikan adaiah variabfel Dialog aspek
verbal.
Collections
- Management [4548]