Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Membeli Produk Unit Link Syariah (Studi Kasus PT. Takaful Keluarga RO Yogyakarta Tanwir Nusantara)
Abstract
Asuransi syariah kini semakin berkembang pesat. Perkembangan ini juga ditunjukkan
oleh produk yanng dikembangakan dari produk proteksi menjadi produk proteksi dan
investasi (unit link). PT. Takaful Keluarga adalah salah satu perusahaan asuransi yang
juga menyediakan produk unit link bagi nasabahnya. Kini jumlah nasabah unit link di
PT.Takaful Keluarga RO Yogyakarta Tanwir Nusantara mengalami
peningkatan.Dalam membeli sebuah produk ada faktor yang mempengaruhi
konsumen dalam keputusan membeli.Maka adapun tujuan dari penelitian ini adalah
untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam
membeli produk unit link syariah di PT. Takafaul Keluarga RO Yogyakarta Tanwir
Nusantara. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif
kuantitatif, yaitu suatu proses menemukan pengetahuan menggunakan data berupa
angka dan membuat deskripsi secara faktual. Hasil penelitian ini mengungkapkan
bahwa faktor personal selling,religiusitas dan motivasi memiliki pengaruh signifikan
terhadap keputusan membeli konsumen. Hal ini ditandai dengan nilai thitung lebih
besar dari ttabel yaitu personal selling (1,839 > 1,672), reputasi perusahaan (-0,484 <
1,672), premi (1,647 < 1,672), pendapatan (0,730 < 1,672), religiusitas sebesar (1,755
> 1,672) dan motivasi sebesar (2,603 > 1,672). Variabel yang paling dominan
mempengaruhi keputusan membeli adalah variabel personal selling. Hal ini di tandai
dengan nilai standardized coefficients beta yang dimiliki variabel motivasilebih besar
di antara variabel lainnya, yaitu personal selling (0,224), reputasi perusahaan (0,081),
premi (0,281), pendapatan (0,059), religiusitas (0,222) dan motivasi investasi
(0,297).
Collections
- Islamic Economics [826]