PENGARUH STRATEGI FUNGSIONAL TERHADAP KINERJA BISNIS PERUSAHAAN BAGI UKM DI YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi fungsional terhadap kinerja bisnis perusahaan bagi UKM di Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik/manajer UKM di Yogyakarta dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah judgmental sampling dengan jumlah sampelnya adalah 97 UKM di Yogyakarta. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Linier Berganda dengan SPSS. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh strategi keuangan yang positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis, begitu juga dengan strategi pemasaran yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis. Namun strategi produksi, sumber daya manusia, dan strategi penelitian & pengembangan tidak berpengaruh positif terhadap kinerja bisnis.
This study aim to determine the effect of functional strategy on business performance of Small to Medium Enterprises (SMEs) in Yogyakarta. The population in ths study are founder of SMEs in Yogyakarta. The data are obtained through judgmental sampling technique with total sample of 97 SMEs in Yogyakarta. The data analysis methods used in this study is Multiple Linier Regression Analysis done with SPSS. The results of this study proved that there are positive and significant effect of financial strategy on business performance, the same results also apply to the effect of marketing strategy on business performance with. In country to the previous strategies, the production strategy, human resource strategy, and research and development strategy have insignificant and no positive effect on business performance.
Collections
- Management [4527]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Penerapan Blue Ocean Strategy Sebagai Strategi Keunggulan Kompetetif (Studi Kasus : UKM Puri Perabot)
Meilanra, Fitra (Universitas Islam Indonesia, 2017-05-15)Ketatnya persaingan menyebabkan setiap industri harus mampu bersaing sehingga industri tersebut bisa berkembang. Persaingan penjualan produk hasil kerajinan tangan dan furniture saat ini tidak hanya terjadi di tingkat ... -
Usulan Perancangan Strategi Menggunakan Metode Blue Ocean Strategy dalam Upaya Memenangkan Persaingan (Studi Kasus di Cv. Fikki, Sleman, Yogyakarta)
Marsudi, Didik (Universitas Islam Indonesia, 2017-01-03)CV Fikki Yogyakarta merupakan salah satu bentuk perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman ringan. CV Fikki memproduksi berbagai jenis snack sebagai produk andalan. Produk-produk tersebut yaitu makaroni, stik ... -
Analisis Perancangan Strategi dengan Pendekatan Blue Ocean Strategy untuk Meningkatkan Penjualan dalam Persaingan Bisnis (Studi Kasus di Kedai Kopi Nongkring)
Rizky Ikhwan, 10522190 (Universitas Islam Indonesia, 2018-03-08)Kedai Kopi Nongkring merupakan suatu usaha dagang yang bidang usahanya café dan juga menyediakan kopi yang telah dikemas. Adanya tingkat persaingan yang tinggi karena semakin banyak usaha yang sama bermunculan maka Kedai ...