Usulan Perancangan Strategi Menggunakan Metode Blue Ocean Strategy dalam Upaya Memenangkan Persaingan (Studi Kasus di Cv. Fikki, Sleman, Yogyakarta)
Abstract
CV Fikki Yogyakarta merupakan salah satu bentuk perusahaan yang bergerak di bidang
makanan dan minuman ringan. CV Fikki memproduksi berbagai jenis snack sebagai produk
andalan. Produk-produk tersebut yaitu makaroni, stik balado, Kuping gajah, emping manis
pedas, kacang bangkok, kacang kapri, kacang koro, dan marning. Namun untuk dapat terus
bertahan dan dapat mengusai pasar diperlukan strategi yang baik dibandingkan para pesaing.
Dalam penelitian ini analisis SWOT digunakan untuk mengidentifikasi pengaruh faktor internal
dan eksternal perusahaan dalam strategi pemasaran dan di kombinasikan dengan analisis Blue
Ocean Strategy. Blue Ocean Strategy atau Samudera biru adalah strategi bisnis yang
menerapkan penguasaan ruang pasar yang tidak di perebutkan dimana suatu organisasi bermain
sendirian tanpa ada pesaing. Hasil penelitian dari kerangka kerja empat langkah yaitu tidak ada
Variabel yang di hapuskan, Variabel yang harus ditingkatkan yaitu promosi, keramahan
pelayanan, kecepatan respon, ciri khas, ketersediaan produk, pendistribusian produk, kemasan
produk, ketahanan produk, promo produk dan garansi produk. Variabel yang harus dikurangi
yaitu proses pembayaran serta varibel yang diciptakan adalah Inovasi produk, penanganan
terhadap keluhan konsumen, pemberitahuan secara akurat dan pemberitahuan promo melalui
media sosial.
Collections
- Industrial Engineering [2224]