Analisis Perancangan Strategi dengan Pendekatan Blue Ocean Strategy untuk Meningkatkan Penjualan dalam Persaingan Bisnis (Studi Kasus di Kedai Kopi Nongkring)
Abstract
Kedai Kopi Nongkring merupakan suatu usaha dagang yang bidang usahanya café dan juga menyediakan kopi yang telah dikemas. Adanya tingkat persaingan yang tinggi karena semakin banyak usaha yang sama bermunculan maka Kedai Kopi Nongkring dituntut untuk membuat sebuah rancangan strategi yang memberikan nilai lebih kepada customer dengan biaya yang minimal. Maka dari itu penelitian ini diperlukan guna mengetahui strategi apa yang tepat untuk diterapkan. Dalam penelitian ini, Blue Ocean Strategy digunakan sebagai metode untuk merancang sebuah strategi yang berfokus menciptakan ruang pasar baru melalui proses dengan alat analisis kanvas strategi dan kerangka kerja empat langkah. Kanvas strategi digunakan untuk mengetahui posisi perusahaan terhadap pesaing didalam ruang pasar. Sedangkan kerangka kerja empat langkah berfungsi untuk merekonstruksikan atriut-atribut nilai pembeli dalam membuat kurva nilai baru. Dari hasil pembahasan yang telah dilakukan maka strategi yang perlu diterapkan Kedai Kopi Nongkring adalah strategi memberikan fasilitas sekolah barista pemula, menambag histori varian kopi dan tabel rasa yang selama ini belum pernah ditawarkan. Selain itu juga perlu mengurangi atribut nilai pembeli yang ternyata selama ini menjadi ajang persaingan yaitu harga produk, sedangkan atribut yang perlu ditingkatkan adalah kualitas produk, kualitas bahan, inovasi produk dan kenyamanan tempat.
Collections
- Industrial Engineering [2224]