Dampak Komunikasi Merek terhadap Ekuitas Merek melalui Media Sosial Instagram
Abstract
Penelitian ini berjudul “Dampak Komunikasi Merek terhadap Ekuitas Merek
melalui Media Sosial Instagram”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mendefinisikan dan menganalisis pengaruh komunikasi merek media sosial Instagram
terhadap dimensi CBBE (consumer based brand equity). Menurut kajian pustaka
terdahulu komunikasi merek media sosial dibagi menjadi dua yaitu firm-created dan
user generated. Dimensi CBBE sendiri terdiri dari kesadaran merek/asosiasi merek,
loyalitas merek, dan persepsi kualitas. Penelitian ini akan menganalisis hubungan
masing-masing komunikasi merek media sosial tersebut terhadap setiap dimensi CBBE
secara langsung dan juga hubungan antara dimensi-dimensi yang ada di CBBE. Alat
analisis dalam penelitian ini menggunakan Model Persamaan Struktural menggunakan
software AMOS 22.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi merek
media sosial firm-created mempunyai pengaruh yg signifikan terhadap kesadaran
merek/asosiasi merek dan persepsi kualitas namun tidak mempunyai pengaruh yg
signifikan terhadap loyalitas merek. Sedangkan komunikasi user generated tidak
mempunyai pengaruh signifikan terhadap ketiga dimensi CBBE. Hubungan antara
dimensi CBBE menunjukkan kesadaran merek/asosiasi merek mempengaruhi persepsi
kualitas namun tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas merek serta persepsi
kualitas berpengaruh signifikan terhadap loyalitas merek.
Collections
- Management [4524]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Analisis Pengaruh Keakraban Merek, Merek Kesukaan, Merek Kepercayaan dan Negara Asal Merek Terhadap Minat Beli Pelanggan Sepatu Merek Nike (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UII)
Indriani, Riza Amalia (UII Yogyakarta, 2015-08-20)Di era global ini semakin tinggi tingkat persaingan bisnis. Hal ini memaksa perusahaan untuk bisa lebih mengembangkan dan memasarkan produk mereka agar mampu mempertahankan produknya serta memenangkan persaingan. Diikuti ... -
PENGARUH ASOSIASI MEREK, LOYALITAS MEREK, KESADARAN MEREK, DAN CITRA MEREK TERHADAP EKUITAS MEREK PADA PRIVATE LABEL FASHION DARING
Yudistira Dimas Adiputra, 14311216 (Universitas Islam Indonesia, 2018-08-10)Ekuitas merek merupakan aspek penting yang ada dalam pemasaran. Terdapat beberapa indikator yang dapat berpengaruh terhada ekuitas merek yaitu asosiasi merek, loyalitas merek, kesadaran merek, dan citra merek. Tujuan dari ... -
Pengaruh Asosiasi Merek, Kesetiaan Merek, Kesadaran Merek, Dan Citra Merek Terhadap Ekuitas Merek Mie Instan Indomie Pada Mahasiswa Strata 1 Yang Merantau Di Yogyakarta
DENI SAPUTRA (Universitas Islam Indonesia, 2021-04-21)Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui dimensi Ekuitas Merek yang mempengaruhi Ekuitas Merek mie instan Indomie pada mahasiswa strata 1 yang merantau di Yogyakarta. Signal detection theory dapat mendeteksi ...