Analisis Ekuitas Merek Mie Sedaap dan Indomie
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat ekuitas merek Mie Sedaap dan
Indomie menurut respon konsumen serta pengaruh dimensi kinerja, nilai, citra
sosial dan keyakinan merek terhadap secara simultan komitmen merek. Model
penelitian yang digunakan merupakan replikasi dari penelitian Lassar et al (1995).
Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini dibedakan menjadi 2yaitu
variabel independen dan variabel dependen. Yang termasuk variabel independen
adalah Dimensi kinerja merek, Nilai merek, Citra Sosial merek, dan
Trustworthiness merek, yang termasuk variabel dependen yaitu komitmen merek.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi perusahaan dalam
menentukan strategi yang efektif dalam program periklanan, khususnya
penggunaan tema-tema secara tepat sesuai dengan sasaran yang dibidiknya. Selain
itu, tingkat ekuitas merek memberikan pertimbangan bagi perusahaan untuk
memperluas pangsa pasar.
Penelitian dilakukan di wilayah DIY dengan 100 responden. Hasil Penelitian
menunjukkan bahwa dimensi kinerja, nilai, citra sosial dan keyakinan merek
berpengaruh secara simultan terhadap komitmen merek pada Indomie dan Mie
Sedaap. Variabel yang paling berpengaruh terhadap komitmen merek Mie Sedaap
adalah nilai merek. Variabel yang paling berpengaruh terhadap komitmen merek
Indomie adalah Trustwhortiness. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa
ekuitas merek Indomie lebih besardaripada ekuitas merekMie Sedaap.
Collections
- Management [4524]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Analisis Pengaruh Keakraban Merek, Merek Kesukaan, Merek Kepercayaan dan Negara Asal Merek Terhadap Minat Beli Pelanggan Sepatu Merek Nike (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UII)
Indriani, Riza Amalia (UII Yogyakarta, 2015-08-20)Di era global ini semakin tinggi tingkat persaingan bisnis. Hal ini memaksa perusahaan untuk bisa lebih mengembangkan dan memasarkan produk mereka agar mampu mempertahankan produknya serta memenangkan persaingan. Diikuti ... -
PENGARUH ASOSIASI MEREK, LOYALITAS MEREK, KESADARAN MEREK, DAN CITRA MEREK TERHADAP EKUITAS MEREK PADA PRIVATE LABEL FASHION DARING
Yudistira Dimas Adiputra, 14311216 (Universitas Islam Indonesia, 2018-08-10)Ekuitas merek merupakan aspek penting yang ada dalam pemasaran. Terdapat beberapa indikator yang dapat berpengaruh terhada ekuitas merek yaitu asosiasi merek, loyalitas merek, kesadaran merek, dan citra merek. Tujuan dari ... -
Pengaruh Asosiasi Merek, Kesetiaan Merek, Kesadaran Merek, Dan Citra Merek Terhadap Ekuitas Merek Mie Instan Indomie Pada Mahasiswa Strata 1 Yang Merantau Di Yogyakarta
DENI SAPUTRA (Universitas Islam Indonesia, 2021-04-21)Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui dimensi Ekuitas Merek yang mempengaruhi Ekuitas Merek mie instan Indomie pada mahasiswa strata 1 yang merantau di Yogyakarta. Signal detection theory dapat mendeteksi ...