Pengaruh Pengalaman Dan Keterikatan Emosional Terhadap Loyalitas Merek Pada Pengguna Aplikasi Islami Di Smartphone
Abstract
Perkembangan teknologi di Indonesia menyebabkan terjadinya peningkatan
aktivitas yang lebih baik dalam berbagai bidang terlebih islam. Berubahnya pola
kegiatan Muslim dalam beribadah menjadi sebuah pasar persaingan bagi para
produsen pengembang aplikasi islami untuk memberikan produk yang lengkap
dalam fiturnya dan mendukung kegiatan beribadah. Karena adanya persaingan
tersebut, sehingga membuat para produsen pembuat aplikasi islami merancang
strategi yang efektif dalam memengaruhi konsumen menggunakan aplikasinya.
Penelitian menganalisis pengaruh pengalaman merek dan aspek keterikatan
emosional berupa afeksi merek, koneksi merek diri, dan gairah merek terhadap
loyalitas merek pada objek aplikasi islami pada smartphone. Populasi dalam
penelitian ini adalah masyarakat Indonesia yang pernah atau sedang menggunakan
aplikasi islami. Data primer diambil dengan menyebarkan kuesioner secara daring
kepada 198 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah convenience sampling. Aplikasi menggunakan AMOS versi
24 dan analisis metode Structural Equation Modeling (SEM).
Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel pengalaman merek, afeksi
merek, koneksi merek diri, gairah merek, dan loyalitas merek. Variabel tersebut
membentuk sebanyak tujuh hipotesis. Hasil dari analisis data menunjukkan adanya
pengaruh positif dan signifikan pada hubungan variabel antara pengalaman merek
terhadap koneksi merek diri, pengalaman merek terhadap afeksi merek,
pengalaman merek terhadap gairah merek, koneksi merek diri terhadap loyalitas
merek, dan afeksi merek terhadap loyalitas merek. Lalu terdapat hubungan
pengaruh negatif dan tidak signifikan pada variabel gairah merek terhadap loyalitas
merek. Terakhir adanya pengaruh positif, namun tidak signifikan pada hubungan
variabel pengalaman merek terhadap loyalitas merek.
Collections
- Management [4527]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Analisis Pengaruh Keakraban Merek, Merek Kesukaan, Merek Kepercayaan dan Negara Asal Merek Terhadap Minat Beli Pelanggan Sepatu Merek Nike (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UII)
Indriani, Riza Amalia (UII Yogyakarta, 2015-08-20)Di era global ini semakin tinggi tingkat persaingan bisnis. Hal ini memaksa perusahaan untuk bisa lebih mengembangkan dan memasarkan produk mereka agar mampu mempertahankan produknya serta memenangkan persaingan. Diikuti ... -
PENGARUH ASOSIASI MEREK, LOYALITAS MEREK, KESADARAN MEREK, DAN CITRA MEREK TERHADAP EKUITAS MEREK PADA PRIVATE LABEL FASHION DARING
Yudistira Dimas Adiputra, 14311216 (Universitas Islam Indonesia, 2018-08-10)Ekuitas merek merupakan aspek penting yang ada dalam pemasaran. Terdapat beberapa indikator yang dapat berpengaruh terhada ekuitas merek yaitu asosiasi merek, loyalitas merek, kesadaran merek, dan citra merek. Tujuan dari ... -
Pengaruh Asosiasi Merek, Kesetiaan Merek, Kesadaran Merek, Dan Citra Merek Terhadap Ekuitas Merek Mie Instan Indomie Pada Mahasiswa Strata 1 Yang Merantau Di Yogyakarta
DENI SAPUTRA (Universitas Islam Indonesia, 2021-04-21)Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui dimensi Ekuitas Merek yang mempengaruhi Ekuitas Merek mie instan Indomie pada mahasiswa strata 1 yang merantau di Yogyakarta. Signal detection theory dapat mendeteksi ...