Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Konsumen (Studi Pada Konsumen Hypermart Yogyakarta)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode non probability sampling dengan sampel mudah (convenience sample) yaitu peneliti memilih responden berdasarkan kemudahan atau kebetulan saat menemui responden yang sedang atau pernah menggunakan berbelanja di Hypermart. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Hypermart. Sampel pada penelitian ini 96 konsumen yang dipilih dengan metode convenience sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian membuktikan bahwa kepuasan konsumen berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas konsumen, kualitas layanan yang terdiri dari emphaty, reliability, responsiveness, tangibility, dan responsiveness berpengaruh berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen. Semakin baik emphaty maka akan meningkatkan kualitas layanan.
Kata kunci : kualitas layanan, kepuasan konsumen, dan loyalitas konsumen
Collections
- Management [4539]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN DAN KUALITAS PELAYANAN DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KONSUMEN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (Studi Pada Konsumen Waroeng Spesial Sambal)
Anggitan Haryo Wicaksono (Universitas Islam Indonesia, 2018-06-07)Perkembangan bisnis yang cepat dan dinamis sekarang ini menuntut perusahaan untuk mampu bersaing dalam ketatnya kompetisi bisnis yang semakin kompetitif. Dalam hal ini, potensi sumber daya serta kinerja yang baik merupakan ... -
PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN MELALUI BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN MENURUT HUKUM POSITIF (UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN) DAN HUKUM ISLAM
Sri Wahyuningsih, 14421008 (Universitas Islam Indonesia, 2018-08-14)Dalam lingkup dunia permasalahan semua orang tidak lepas dengan perekonomian, tidak lepas juga dengan konsumsi, seolah-olah manusia dilahirkan hanya untuk mengonsumsi suatu barang atau jasa hingga mati. Berbicara ... -
PENGARUH PROGRAM CSR, KEPERCAYAAN KONSUMEN DAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PERILAKU KONSUMEN AQUA
Adila, Amalia Nurul (Universitas Islam Indonesia, 2023-03-30)Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh program CSR, kepercayaan dan persepsi konsumen terhadap perilaku konsumen AQUA. Populasi yang digunakan merupakan orang yang pernah melakukan pembelian dan mengonsumsi ...