PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN MELALUI BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN MENURUT HUKUM POSITIF (UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN) DAN HUKUM ISLAM
Abstract
Dalam lingkup dunia permasalahan semua orang tidak lepas dengan
perekonomian, tidak lepas juga dengan konsumsi, seolah-olah manusia dilahirkan
hanya untuk mengonsumsi suatu barang atau jasa hingga mati. Berbicara konsumsi
berarti tak jauh dengan konsumen, orang yang mengonsumsi suatu barang atau jasa
bisa disebut sebagai konsumen, sudah tidak asing bukan jika dimana-mana orang
disibukkan dengan masalah sengketa konsumen yang tak kunjung usai, meski
Undang-Undang yang mengatur perlindungan konsumen sudah ada dan banyak
lembaga yang mengadvokasi permasalahan yang megglobal ini. Tujuan peneliti
mencoba untuk menggambarkan peran Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen
(BPSK) menurut segi pandang hukum positif dan hukum islam untuk mendapatkan
gambaran yang lebih mudah dalam penyelesaian sengketa konsumen di luar
Pengadilan. Dalam hukum positif sendiri telah diatur Badan Penyelesaian Sengketa
Konsumen dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun1999 tentang Perlindungan
Konsumen, hal ini sangat mendukung kinerja BPSK karena perannya merupakan
salah satu perpanjangan dari UUPK. Kemudian dari segi Pandang Hukum Islam juga
memiliki beberapa solusi salah satunya terdapat pada konsep wilayah al-hisbah yang
pernah terlaksana dan menjadi kajian para ahli hukum ekonomi Islam. Jawatan alhisbah
juga merupakan perpanjangan dari wilayah al-qadha dan wilayah almuzhalim
sekaligus yang bertindak sebagai penuntut umum yang membela hak
konsumen.
Collections
- Islamic Law [646]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN DAN KUALITAS PELAYANAN DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KONSUMEN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (Studi Pada Konsumen Waroeng Spesial Sambal)
Anggitan Haryo Wicaksono (Universitas Islam Indonesia, 2018-06-07)Perkembangan bisnis yang cepat dan dinamis sekarang ini menuntut perusahaan untuk mampu bersaing dalam ketatnya kompetisi bisnis yang semakin kompetitif. Dalam hal ini, potensi sumber daya serta kinerja yang baik merupakan ... -
Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Konsumen (Studi Pada Konsumen Hypermart Yogyakarta)
11311698 Martin Bimantara (Universitas Islam Indonesia, 2016)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode non probability sampling dengan sampel ... -
PENGARUH PROGRAM CSR, KEPERCAYAAN KONSUMEN DAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PERILAKU KONSUMEN AQUA
Adila, Amalia Nurul (Universitas Islam Indonesia, 2023-03-30)Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh program CSR, kepercayaan dan persepsi konsumen terhadap perilaku konsumen AQUA. Populasi yang digunakan merupakan orang yang pernah melakukan pembelian dan mengonsumsi ...