Analisis Interelasi Antara Komponen Ekuitas Merek, Yaitu Persepsi Kualitas, Kesadaran Merek, Citra Merek Dan Loyalitas Merek Pada Jasa Bank Mandiri
Abstract
Di zaman globalisasi seperti sekarang, persaingan antara industri jasa baik dengan sesama perusahaan yang berasal dari dalam negeri maupun dengan perusahaan yang berasal dari luar negeri semakin ketat. Industri perbankan yang merupakan industri jasa yang menawarkan solusi bagi masalah finansial baik kepada perseorangan maupun institusi juga terkena dampak dari persaingan yang semakin ketat tersebut. Salah satu cara memenangkan persaingan adalah dengan menggunakan ekuitas merek sebagai keunggulan kompetitif. Namun guna memaksimalkan ekuitas merek, kita perlu mengetahui hubungan hubungan yang terjadi didalam komponen ekuitas merek itu sendiri.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah menggunakan jasa perbankan Bank Mandiri di Yogyakarta. Sampel yang digunakan adalah 96 responden dengan teknik pengambilan sampel adalah convenience sampling. Variabel data yang digunakan untuk analisis adalah persepsi kualitas, loyalitas merek, citra merek dan kesadaran merek. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana dan regresi linear berganda.
Hasil Analisis data menunjukkna bahwa persepsi kualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesadaran merek Bank Mandiri, kemudian persepsi kualitas dan kesadaran merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek Bank Mandiri. Terakhir, persepsi kualitas dan loyalitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek.
Collections
- Management [4527]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Analisis Pengaruh Keakraban Merek, Merek Kesukaan, Merek Kepercayaan dan Negara Asal Merek Terhadap Minat Beli Pelanggan Sepatu Merek Nike (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UII)
Indriani, Riza Amalia (UII Yogyakarta, 2015-08-20)Di era global ini semakin tinggi tingkat persaingan bisnis. Hal ini memaksa perusahaan untuk bisa lebih mengembangkan dan memasarkan produk mereka agar mampu mempertahankan produknya serta memenangkan persaingan. Diikuti ... -
PENGARUH ASOSIASI MEREK, LOYALITAS MEREK, KESADARAN MEREK, DAN CITRA MEREK TERHADAP EKUITAS MEREK PADA PRIVATE LABEL FASHION DARING
Yudistira Dimas Adiputra, 14311216 (Universitas Islam Indonesia, 2018-08-10)Ekuitas merek merupakan aspek penting yang ada dalam pemasaran. Terdapat beberapa indikator yang dapat berpengaruh terhada ekuitas merek yaitu asosiasi merek, loyalitas merek, kesadaran merek, dan citra merek. Tujuan dari ... -
Pengaruh Asosiasi Merek, Kesetiaan Merek, Kesadaran Merek, Dan Citra Merek Terhadap Ekuitas Merek Mie Instan Indomie Pada Mahasiswa Strata 1 Yang Merantau Di Yogyakarta
DENI SAPUTRA (Universitas Islam Indonesia, 2021-04-21)Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui dimensi Ekuitas Merek yang mempengaruhi Ekuitas Merek mie instan Indomie pada mahasiswa strata 1 yang merantau di Yogyakarta. Signal detection theory dapat mendeteksi ...