Pengaruh Asosiasi Merek, Kesetiaan Merek, Kesadaran Merek, Dan Citra Merek Terhadap Ekuitas Merek Mie Instan Indomie Pada Mahasiswa Strata 1 Yang Merantau Di Yogyakarta
Abstract
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui dimensi Ekuitas Merek yang
mempengaruhi Ekuitas Merek mie instan Indomie pada mahasiswa strata 1 yang
merantau di Yogyakarta. Signal detection theory dapat mendeteksi dari
rangsangan yang diterima dan menghasilkan sebuah keputusan, teori tersebut
digunakan untuk menghasilkan sebuah perumusan strategi dalam meningkatkan
Ekuitas Merek. Dimensi Ekuitas Merek yaitu Asosiasi Merek lebih sering
diingat dan muncul di benak pelanggan, Kesetiaan Merek berkaitan dengan
pelanggan yang bertahan terhadap merek, Kesadaran Merek dapat membuat
pelanggan memahami karakteristik merek, Citra Merek dapat di deskripsikan
secara positif dan negatif oleh pelanggan. Sampel berjumlah 182 responden
sesuai dengan kriteria yaitu responden yang gemar mie instan, gemar pada
produk mie instan Indomie, dan mahasiswa strata 1 yang merantau di
Yogyakarta. Analisis data penelitian menggunakan Structural Equation
Modeling untuk menyelidiki hubungan kausal antara variabel independen
terhadap variabel dependen. Pengujian pada penelitian ini menggunakan
program SPSS 24 dan AMOS 22. Hasil penelitian menunjukan Asosiasi Merek,
Kesetiaan Merek, Kesadaran Merek, dan Citra Merek berpengaruh positif dan
signifikan terhadap Ekuitas Merek. Kontribusi akademik penelitian ini
memberikan bukti empiris dari variabel independen mempengaruhi variabel
dependen berbasis produk sejalan dengan penelitian terdahulu. Kontribusi
praktik penelitian menunjukan hasil temuan guna memberikan saran pada
produk mie instan Indomie berbasis saluran pemasaran, guna mempertahankan
sumber daya yang dimiliki dan meningkatkan dimensi Ekuitas Merek.
Collections
- Management [4527]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Analisis Pengaruh Keakraban Merek, Merek Kesukaan, Merek Kepercayaan dan Negara Asal Merek Terhadap Minat Beli Pelanggan Sepatu Merek Nike (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UII)
Indriani, Riza Amalia (UII Yogyakarta, 2015-08-20)Di era global ini semakin tinggi tingkat persaingan bisnis. Hal ini memaksa perusahaan untuk bisa lebih mengembangkan dan memasarkan produk mereka agar mampu mempertahankan produknya serta memenangkan persaingan. Diikuti ... -
PENGARUH ASOSIASI MEREK, LOYALITAS MEREK, KESADARAN MEREK, DAN CITRA MEREK TERHADAP EKUITAS MEREK PADA PRIVATE LABEL FASHION DARING
Yudistira Dimas Adiputra, 14311216 (Universitas Islam Indonesia, 2018-08-10)Ekuitas merek merupakan aspek penting yang ada dalam pemasaran. Terdapat beberapa indikator yang dapat berpengaruh terhada ekuitas merek yaitu asosiasi merek, loyalitas merek, kesadaran merek, dan citra merek. Tujuan dari ... -
Analisis Interelasi Antara Komponen Ekuitas Merek, Yaitu Persepsi Kualitas, Kesadaran Merek, Citra Merek Dan Loyalitas Merek Pada Jasa Bank Mandiri
Yusuf Fauzan, Yusuf Fauzan (UII, 2016)Di zaman globalisasi seperti sekarang, persaingan antara industri jasa baik dengan sesama perusahaan yang berasal dari dalam negeri maupun dengan perusahaan yang berasal dari luar negeri semakin ketat. Industri perbankan ...