Di zaman globalisasi seperti sekarang, persaingan antara industri jasa baik dengan sesama perusahaan yang berasal dari dalam negeri maupun dengan perusahaan yang berasal dari luar negeri semakin ketat. Industri perbankan yang merupakan industri jasa yang menawarkan solusi bagi masalah finansial baik kepada perseorangan maupun institusi juga terkena dampak dari persaingan yang semakin ketat tersebut. Salah satu cara memenangkan persaingan adalah dengan menggunakan ekuitas merek sebagai keunggulan kompetitif. Namun guna memaksimalkan ekuitas merek, kita perlu mengetahui hubungan hubungan yang terjadi didalam komponen ekuitas merek itu sendiri. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah menggunakan jasa perbankan Bank Mandiri di Yogyakarta. Sampel yang digunakan adalah 96 responden dengan teknik pengambilan sampel adalah convenience sampling. Variabel data yang digunakan untuk analisis adalah persepsi kualitas, loyalitas merek, citra merek dan kesadaran merek. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Hasil Analisis data menunjukkna bahwa persepsi kualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesadaran merek Bank Mandiri, kemudian persepsi kualitas dan kesadaran merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek Bank Mandiri. Terakhir, persepsi kualitas dan loyalitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek. Kata Kunci: ekuitas merek, persepsi kualitas, citra merek, loyalitas merek, kesadaran merek