Persepsi Keaslian, Ekuitas Merek, dan Niat Pilihan Merek : Restoran Etnik (Jawa)
Abstract
Di era sekarang ini, telah banyak Restoran Restoran yang berdiri dengan tema
Etnis. Maka dari itu, Restoran harus bisa menyeimbangkan dan mengungguli pesaingnya
dengan cara menciptakan Persepsi Keaslian kepada konsumen agar dapat menciptakan
Kesadaran Merek, Citra Merek, dan Persepsi Kualitas yang tinggi, sehingga mereka
menjadi Loyal terhadap Merek tersebut dan pada akhirnya Mereka akan Memilih Merek
tersebut.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara persepsi keaslian
konsumen dengan empat dimensi ekuitas merek (kesadaran merek, Citra merek, persepsi
kualitas, dan loyalitas merek), serta bagaimana empat dimensi ini dapat saling terkait satu
sama lain. Studi ini juga meneliti dampak ekuitas merek terhadap niat pilihan merek
konsumen untuk restoran etnis.
Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner berdasarkan Skala Likert.
Metode sampel menggunakan convenience sampling dengan 163 responden yang dipilih
untuk mewakili keseluruhan Konsumen. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan
analisis Structural Equation Modelling (SEM) dan analisis regresi moderat dengan bantuan
SPSS dan LISREL. Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Persepsi Keaslian memiliki efek
positif terhadap Kesadaran Merek, Citra Merek dan Persepsi Kualitas; (2) Kesadaran
Merek tidak memiliki efek positif terhadap Loyalitas Merek; (3)Citra Merek dan Persepsi
Kualitas memiliki efek positif terhadap Loyalitas Merek dan yang terakhir; (4) Loyalitas
Merek memiliki efek positif terhadap Niat Pilihan Merek.
Collections
- Management [4527]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Analisis Pengaruh Keakraban Merek, Merek Kesukaan, Merek Kepercayaan dan Negara Asal Merek Terhadap Minat Beli Pelanggan Sepatu Merek Nike (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UII)
Indriani, Riza Amalia (UII Yogyakarta, 2015-08-20)Di era global ini semakin tinggi tingkat persaingan bisnis. Hal ini memaksa perusahaan untuk bisa lebih mengembangkan dan memasarkan produk mereka agar mampu mempertahankan produknya serta memenangkan persaingan. Diikuti ... -
PENGARUH ASOSIASI MEREK, LOYALITAS MEREK, KESADARAN MEREK, DAN CITRA MEREK TERHADAP EKUITAS MEREK PADA PRIVATE LABEL FASHION DARING
Yudistira Dimas Adiputra, 14311216 (Universitas Islam Indonesia, 2018-08-10)Ekuitas merek merupakan aspek penting yang ada dalam pemasaran. Terdapat beberapa indikator yang dapat berpengaruh terhada ekuitas merek yaitu asosiasi merek, loyalitas merek, kesadaran merek, dan citra merek. Tujuan dari ... -
Pengaruh Asosiasi Merek, Kesetiaan Merek, Kesadaran Merek, Dan Citra Merek Terhadap Ekuitas Merek Mie Instan Indomie Pada Mahasiswa Strata 1 Yang Merantau Di Yogyakarta
DENI SAPUTRA (Universitas Islam Indonesia, 2021-04-21)Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui dimensi Ekuitas Merek yang mempengaruhi Ekuitas Merek mie instan Indomie pada mahasiswa strata 1 yang merantau di Yogyakarta. Signal detection theory dapat mendeteksi ...