PENGARUH OPERATIONS STRATEGIES TERHADAP LEAN SUPPLY CHAIN STRATEGIES PADA UKM DI YOGYAKARTA
Abstract
Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi operasi
yang meliputi strategi biaya, strategi kualitas, strategi pengiriman, dan strategi
fleksibilitas terhadap lean supply chain strategy pada UKM di Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan instrumen penelitian ini
menggunakan kuesioner. Jumlah sampel yang digunakan adalah 50 responden yang
merupakan UKM di Yogyakarta. Alat uji analisis yang digunakan adalah Regresi
Linier Berganda.
Hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Strategi biaya terbukti
berpengaruh positif dan signifikan terhadap lean supply chain strategy pada UKM
di Yogyakarta; (2) Strategi kualitas terbukti berpengaruh positif dan signifikan
terhadap lean supply chain strategy pada UKM di Yogyakarta; (3) Strategi
pengiriman tidak berpengaruh terhadap lean supply chain strategy pada UKM di
Yogyakarta; dan (4) Strategi fleksibilitas terbukti berpengaruh positif dan
signifikan terhadap lean supply chain strategy pada UKM di Yogyakarta.
Collections
- Management [4548]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Penerapan Blue Ocean Strategy Sebagai Strategi Keunggulan Kompetetif (Studi Kasus : UKM Puri Perabot)
Meilanra, Fitra (Universitas Islam Indonesia, 2017-05-15)Ketatnya persaingan menyebabkan setiap industri harus mampu bersaing sehingga industri tersebut bisa berkembang. Persaingan penjualan produk hasil kerajinan tangan dan furniture saat ini tidak hanya terjadi di tingkat ... -
Usulan Perancangan Strategi Menggunakan Metode Blue Ocean Strategy dalam Upaya Memenangkan Persaingan (Studi Kasus di Cv. Fikki, Sleman, Yogyakarta)
Marsudi, Didik (Universitas Islam Indonesia, 2017-01-03)CV Fikki Yogyakarta merupakan salah satu bentuk perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman ringan. CV Fikki memproduksi berbagai jenis snack sebagai produk andalan. Produk-produk tersebut yaitu makaroni, stik ... -
Analisis Perancangan Strategi dengan Pendekatan Blue Ocean Strategy untuk Meningkatkan Penjualan dalam Persaingan Bisnis (Studi Kasus di Kedai Kopi Nongkring)
Rizky Ikhwan, 10522190 (Universitas Islam Indonesia, 2018-03-08)Kedai Kopi Nongkring merupakan suatu usaha dagang yang bidang usahanya café dan juga menyediakan kopi yang telah dikemas. Adanya tingkat persaingan yang tinggi karena semakin banyak usaha yang sama bermunculan maka Kedai ...