Pengaruh Praktik Total Quality Management (TQM) terhadap Kinerja Perusahaan pada Usaha Mikro Kecil Menengah Konveksi Adiwerna Tegal
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh praktik Total Quality Management terhadap Kinerja Perusahaan, dalam penelitian ini terdapat enam variabel yaitu : Kepemimpinan perusahaan, Hubungan dan kepuasan pelanggan, Fokus sumber daya manusia, Perencanaan dan pengembangan strategis, Manajemen kualitas pemasok, dan Kinerja Perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah Usaha Mikro Kecil Menengah Konveksi di Adiwerna Tegal, sampel dalam penelitian ini adalah 68 responden. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis Regresi Linier Berganda dengan menggunakan software SPSS Statistical Product and Service Solutions. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa terdapat pengaruh positif antara Kepemimpinan perusahaan dengan Kinerja Perusahaan, pengaruh positif antara Hubungan dan kepuasan pelanggan dengan Kinerja Perusahaan, pengaruh positif antara Fokus sumber daya manusia dengan Kinerja Perusahaan, pengaruh positif antara Perencanaan dan pengembangan strategis dengan Kinerja Perusahaan, pengaruh positif antara Manajemen kualitas pemasok dengan Kinerja Perusahaan. Temuan pada penelitian ini adalah ketika praktik Total Quality Management diterapkan sebagai peningkatan kualitas produksi, dapat meningkatkan kinerja perusahaan. Dalam penelitian ini didapatkan perencanaan dan pengembangan strategis lebih dominan dalam pengaruh kinerja perusahaan UMKM.
Collections
- Management [4545]