STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN (MARKETING COMMUNICATION) PT. BOLA BASKET INDONESIA DALAM MEMPERTAHANKAN DAN MENARIK MINAT PENONTON LIGA BASKET INDONESIA IBL MUSIM 2017-2018
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui strategi komunikasi
pemasaran PT. BBI dalam mepertahankan dan menarik minat penonton di liga
basktet Indonesia IBL musim 2017/2018; 2) Untuk mengetahui kendala
komunikasi pemasaran PT. BBI dalam mempertahankan dan menarik minat
penonton di liga basket Indonesia IBL musim 2017/2018.
Paradigma penelitian adalah konstruktivisme. Jenis penelitian kualitatif.
Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis
data adalah deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Strategi komunikasi pemasaran
dilakukan dengan a) PT. BBI menjalin media partnership dengan beberapa media
baik media cetak maupun elektronik. PT. BBI juga menggunakan sarana media
sosial seperti Instagram, facebook; b) Aktivitas personal selling jarang dilakukan
dikarenakan keterbatasan SDM dan minimnya jalinan kerjasama dengan
sponshorship yang mempunyai kepentingan dengan penyelenggaraan Liga Basket
Indonesia; c) PT.BBI menjalin dan melibatkan komunitas pada setiap event yang
diselenggarakan; d) Promosi dilakukan dengan cara membagikan stiker gratis,
memberikan tiket secara gratis untuk menonton pertandingan Liga Basket
Indonesia, memberikan fasilitas sponsorship bagi komunitas basket. 2) Peluang
yang ada adalah PT. BBI dapat melakukan kegiatan untuk mendukung promosi
seperti roadshow, livestream, dan supporting event. Selanjutnya Pihak PT. BBI
dapat melakukan aktivitas publikasi yang tidak hanya berfokus pada media
partnership dari Liga Basket Indonesia saja dan media sosial yang dimiliki
perusahaan. Hambatan yang ada adalah minimnya jumlah SDM dalam bidang
komunikasi pemasaran dan kemampuan dalam negoisasi yang terbatas karena
negoisasi adalah merupakan keahlian dan keterampilan yang tidak dimiliki oleh
semua orang dan minimnya biaya atau anggaran untuk melakukan promosi. Selain
itu masih ada perusahaan yang memiliki visi dan misi yang sama dengan PT. BBI.
Collections
- Communication [958]