DAMPAK PEMAHAMAN PERUSAHAAN MENGENAI ZAKAT PERUSAHAAN DAN ADANYA KEWAJIBAN CSR TERHADAP KEBIJAKAN PERUSAHAAN DALAM MENUNAIKAN ZAKAT PERUSAHAAN (Studi di PT Maskapai Reasuransi Indonesia .Tbk dan PT Krakatau Steel (Persero) .Tbk)
Abstract
Dengan mayoritas penduduk muslim tentu Indonesia memiliki potensi yang tinggi pada zakat. Hal itu ditunjukkan dengan perolehan zakat terus bertambah di setiap tahunnya. Begitu juga dalam pengumpulan dana zakat dari perusahaan. Namun terdapat indikasi yang ditemukan penulis bahwa minimnya pemahaman perusahaan mengenai zakat perusahaan menjadikan beberapa perusahaan tidak menunaikan kewajiban zakat perusahaan itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak pemahaman perusahaan mengenai zakat perusahaan dan adanya CSR terhadap kebijakan perusahaan dalam menunaikan zakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui Survey, wawancara dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman perusahaan memberikan dampak pada tingkat konsistensi perusahaan dalam membayar zakat. Pemahaman yang baik mengenai zakat perusahaan di contohkan oleh PT Maskapai Reasuransi Indonesia .Tbk, dimana dengan pemahamannya yang baik mengenai zakat perusahaan. PT Marein dapat secara konsisten menunaikan kewajibannya yaitu zakat perusahaan. Disisi lain, kurangnya perhatian pemerintah khusunya dalam pembentukan aturan mengenai zakat perusahaan menjadi faktor lain yang mengakibatkan perusahaan tidak memahami dan melaksanakan zakat perusahaan. begitu juga dengan Adanya ketentuan mengenai corporate sosial responsibility (CSR) menjadi tanggung jawab lain yang wajib di tunaikan perusahaan, dimana hal ini mempengaruhi kebijakan perusahaan khususnya dalam pelaksanaan zakat perusahaan. sebagai perusahaan yang menunaikan kedua kewajiban, PT Maskapai Reasuransi .Tbk tidak merasa keberatan atas kedua kewajiban tersebut dikarenakan penunaian keduanya merupakan bentuk konsekuensi dan komitmen perusahaan.
Collections
- Islamic Economics [826]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Informasi Perusahaan di Website Perusahaan Manufaktur di Indonesia (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bei Tahun 2011-2013)
Viviyanchi (Universitas Islam Indonesia, 2017-03-13)This study aims to analyze the relationship of web disclosure with manufactured company characteristic namely, profitability, public ownership, firm’s size, and manager ownership. The research object is the entire ... -
ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar pada Indeks LQ 45 Indonesia Tahun 2012-2016)
Maulidya Nayahita, 14312124 (Universitas Islam Indonesia, 2018-04-18)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan menguji pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan, profitabilitas, leverage, dan pertumbuhan perusahaan terhadap corporate social responsibility yang terdaftar ... -
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI pada Periode 2013 – 2017)
Audy Rifchita Putri, 14312401 (Universitas Islam Indonesia, 2019-01-18)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional terhadap kinerja keuangan perusahaan. Variabel independen dalam penelitian ini ...