ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar pada Indeks LQ 45 Indonesia Tahun 2012-2016)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan menguji pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan, profitabilitas, leverage, dan pertumbuhan perusahaan terhadap corporate social responsibility yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian ini adalah perusahaan LQ 45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2016. Dari 45 perusahaan yang terdaftar, hanya 34 perusahaan yang memenuhi kriteria sampel penelitian yang ditetapkan. Teknik analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik, pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan Eviews 7.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, umur perusahaan, profitabilitas, leverage, dan pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap corporate social responsibility. Pengujian koefisien determinasi menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, umur perusahaan, profitabilitas, leverage, dan pertumbuhan perusahaan mempunyai pengaruh 86,4% terhadap corporate social responsibility pada perusahaan LQ 45yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2016.
Collections
- Akuntansi [4399]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Informasi Perusahaan di Website Perusahaan Manufaktur di Indonesia (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bei Tahun 2011-2013)
Viviyanchi (Universitas Islam Indonesia, 2017-03-13)This study aims to analyze the relationship of web disclosure with manufactured company characteristic namely, profitability, public ownership, firm’s size, and manager ownership. The research object is the entire ... -
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI pada Periode 2013 – 2017)
Audy Rifchita Putri, 14312401 (Universitas Islam Indonesia, 2019-01-18)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional terhadap kinerja keuangan perusahaan. Variabel independen dalam penelitian ini ... -
PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN INFORMASI PERUSAHAAN DI WEBSITE PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI INDONESIA (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di BEI tahun 2011-2013)
Viviyanchi (Universitas Islam Indonesia, 2017)Penelitian ini menganalisis hubungan pengungkapan web perusahaan dengan karakterisitik perusahaan manufaktur di Indonesia, yaitu Profitabilitas/Return of Asset, Kepemilikan Publik, Ukuran Perusahaan, dan Kepemilikan ...