Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Rahmani Timorita Y, M.Ag
dc.contributor.authorAHMAD SHOHIB AL FIRDAUS, 14423240
dc.date.accessioned2018-12-06T05:20:54Z
dc.date.available2018-12-06T05:20:54Z
dc.date.issued2018-10-04
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/11957
dc.description.abstractDengan mayoritas penduduk muslim tentu Indonesia memiliki potensi yang tinggi pada zakat. Hal itu ditunjukkan dengan perolehan zakat terus bertambah di setiap tahunnya. Begitu juga dalam pengumpulan dana zakat dari perusahaan. Namun terdapat indikasi yang ditemukan penulis bahwa minimnya pemahaman perusahaan mengenai zakat perusahaan menjadikan beberapa perusahaan tidak menunaikan kewajiban zakat perusahaan itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak pemahaman perusahaan mengenai zakat perusahaan dan adanya CSR terhadap kebijakan perusahaan dalam menunaikan zakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui Survey, wawancara dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman perusahaan memberikan dampak pada tingkat konsistensi perusahaan dalam membayar zakat. Pemahaman yang baik mengenai zakat perusahaan di contohkan oleh PT Maskapai Reasuransi Indonesia .Tbk, dimana dengan pemahamannya yang baik mengenai zakat perusahaan. PT Marein dapat secara konsisten menunaikan kewajibannya yaitu zakat perusahaan. Disisi lain, kurangnya perhatian pemerintah khusunya dalam pembentukan aturan mengenai zakat perusahaan menjadi faktor lain yang mengakibatkan perusahaan tidak memahami dan melaksanakan zakat perusahaan. begitu juga dengan Adanya ketentuan mengenai corporate sosial responsibility (CSR) menjadi tanggung jawab lain yang wajib di tunaikan perusahaan, dimana hal ini mempengaruhi kebijakan perusahaan khususnya dalam pelaksanaan zakat perusahaan. sebagai perusahaan yang menunaikan kedua kewajiban, PT Maskapai Reasuransi .Tbk tidak merasa keberatan atas kedua kewajiban tersebut dikarenakan penunaian keduanya merupakan bentuk konsekuensi dan komitmen perusahaan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPemahamanen_US
dc.subjectZakat Perusahaanen_US
dc.subjectCSR (coorporate sosial responsibility)en_US
dc.subjectKebijakanen_US
dc.titleDAMPAK PEMAHAMAN PERUSAHAAN MENGENAI ZAKAT PERUSAHAAN DAN ADANYA KEWAJIBAN CSR TERHADAP KEBIJAKAN PERUSAHAAN DALAM MENUNAIKAN ZAKAT PERUSAHAAN (Studi di PT Maskapai Reasuransi Indonesia .Tbk dan PT Krakatau Steel (Persero) .Tbk)en_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record