PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN METODE QSPM DAN BLUE OCEAN STRATEGY
Abstract
Strategi untuk menghadapi lingkungan eksternal dapat ditetapkan
dengan mengetahui apa yang menjadi ancaman, dan apa yang menjadi
peluang bagi perusahaan. Setelah mengetahui lingkungan eksternal yang
dihadapi, maka perlu melakukan analisis lingkungan internal untuk
mengetahui apa yang menjadi kekuatan, dan apa yang menjadi kelemahan
dari perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi
pemasaran yang dapat diterapkan di PT Kawan Sejati Akurasi Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan metode Quantitative Strategic Planning Matrix
(QSPM) yaitu analisis terhadap lingkungan internal berupa kekuatan dan
kelemahan, serta analisis terhadap lingkungan eksternal berupa peluang dan
ancaman. Kemudian menggunakan matrix SWOT untuk memformulasi
pengambilan keputusan untuk menentukan strategi yang ditempuh
berdasarkan logika untuk memaksimalkan kekuatan dan peluang, namun
secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan dan ancaman perusahaan.
Serta agar dapat tetap menghadapi persaingan dengan perusahaan lain dapat
menggunakan metode Blue Ocean Strategy untuk menciptakan inovasiinovasi
baru agar perusahaan mempunyai nilai lebih. Hasil dari penelitian ini
yaitu faktor dan tindakan yang perlu dilakukan untuk mendukung penerapan
stategi yang sesuai dengan kondisi PT. Kawan Sejati Akurasi saat ini
berdasarkan QSPM dan Blue Ocean Strategy adalah mempertahankan citra
perusahaan, mempertahankan kualitas dan pelayanan produk, memanfaatkan
kemajuan teknologi untuk pemasaran, mengurangi harga jual produk,
meningkatkan pemanfaatan teknologi, dan menciptakan atau merekrut tenaga
ahli informasi.
Collections
- Industrial Engineering [2321]