Analisis Sikap Konsumen Terhadap Atribut Produk Minuman Suplemen Extra Joss Survey pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap konsumen terhadap
atribut produk minuman suplemen Extra Joss. Variabel dalam penelitian im
terdiri dari, variabel perilaku konsumen terhadap atribut produk yang
meliputi, distribusi, promosi, rasa, kualitas dan harga, serta vanabel sikap
konsumen terhadap atribut produk berdasarkan karaktenstik konsumen
yang meliputi, usia, tingkat uang saku bulanan dan jenis kelamin.
Populasi penelitian ini adalah, mahasiswa Fakultas Ekonomi Ull
Yogyakarta dari berbagai angkatan yang pernah mengkonsumsi minuman
suplemen Extra Joss. Sampel penelitian ditentukan dengan metode
Purposive Sampling yaitu, sebanyak 110 responden. Data diperoleh melalui
kuesioner. Validitas butir instrumen dihitung dengan teknik Produk
Moment. ReliabiUtas dihitung dengan metode Cronbach Alpha. Teknik
analisis data dengan analisis model sikap Fishbein dan Chi Square Test.
Model sikap Fishbein yaitu, dengan cara mengalikan antara nilai dan
pernvataan kevakinan (believe) dengan nilai dari pemyataan evaluasi
(evaluation), kemudian dicari jumlah skor dari semua atribut dan
dimasukkan ke dalam Skala Likert. Sedangkan Chi Square Test yaitu teknik
vang digunakan untuk menguji proporsi subjek yang ada pada tiap-tiap
bagian dengan membandingkan apakah ada perbandingan secara signinkan
antara frekuensi yang ada dengan frekuensi seharusnya.
Hasil analisis data dengan model sikap Fishbein diperoleh bahwa skor
total sikap konsumen bernilai positif yaitu 90,65 yang berada pada range
antara 77 sampai 101. Sikap konsumen tertinggi berada pada atribut
kualitas dengan indeks sikap 21,07 diikuti atribut promosi sebesar 18,14
atribut distribusi sebesar 17,68 atribut rasa 17,18 dan atribut harga 17,18.
Berdasarkan hasil analisis sikap maka, dapat diketahui bahwa rata-rata
responden memberikan respon positif dan faktor yang paling domman
dalam pembentukan sikap positif adalah atribut kualitas.
Collections
- Management [4545]