ANALISIS PENGARUH CITY BRANDING KOTA BANDUNG DAN KOTA YOGYAKARTA PADA PERSPEKTIF PENGUNJUNG
Abstract
Dalam dinamika persaingan pariwisata yang semakin ketat belakangan ini, citra kota terhadap pengunjung menjadi salah satu kunci utama keunggulan bersaing. Sebuah kota berlomba-lomba menyusun program pariwisata agar selalu menjadi pilihan pertama bagi pengunjung. Sikap pengunjung terhadap merek, citra kota, dan ekuitas terhadap merek menjadi faktor utama dalam membangun preferensi pengunjung terhadap merek. Dimana jika kecenderungan pengunjung menyukai sebuah kota di banding kota lainnya hal ini akan membentuk keinginan untuk berkunjung dan akan meningkatkan ekuitas, citra, dan sikap terhadap sebuah kota.
Responden penelitian ini adalah yang pernah berkunjung ke Kota Bandung dan Kota Yogyakarta. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 250 responden dengan teknik convinience sampling. Teknik analisis penelitian ini menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan program Smart PLS versi 3.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap terhadap merek, citra merek, dan ekuitas merek memiliki efek positif yang signifikan pada perspektif pengunjung. Namun, ekuitas merek tidak memiliki efek positif yang signifikan terhadap preferensi merek.
Keterbatasan penelitian ini antara lain adanya proses subjektif, dikarenakan preferensi merek, ekuitas merek, citra merek, dan sikap terhadap merek merupakan konstruksi yang dirasakan per individu. Selain itu penelitian ini hanya dilakukan satu kali dengan satu individu yang berbeda, sehingga ada kemungkinan pengunjung menjawab berdasarkan hasil evaluasi terakhir mereka dalam mengunjungi Kota Bandung dan Kota Yogyakarta bukan berdasarkan persepsi mereka secara keseluruhan.
In the dynamics of increasingly fierce tourism competition lately, the city's image of visitors has become one of the main keys of competitive advantage. A city is competing to arrange tourism programs in order to always be the first choice for visitors. Visitor attitudes toward brands, city imagery and brand equity are key factors in building visitor preferences for brands. Where if visitors tend to like a city in the appeal of other cities this will shape the desire to visit and will increase the equity, image, and attitude towards a city.
The respondents of this research are those who have visited Bandung and Yogyakarta. The number of samples in this study is 250 respondents with convinience sampling technique. Analytical technique of this research using Structural Equation Modeling (SEM) with Smart PLS program version 3.
The results of this study indicate that attitudes toward brands, brand image, and brand equity have a significant positive effect on the perspective of visitors. However, brand equity does not have a significant positive effect on brand preference.
The limitations of this study include subjective processes, due to brand preference, brand equity, brand image, and attitudes toward brands are perceived constructs per individual. In addition, this study was conducted only once with a different individual, so there is a possibility of visitors respond based on the results of their last evaluation in visiting the City of Bandung and Yogyakarta City is not based on their overall perception.
Collections
- Management [4548]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
THE ROLE OF EMPLOYEE’S BRAND UNDERSTANDING, BRAND IDENTIFICATION, AND BRAND COMMITMENT ON THE ESTABLISHMENT OF BRAND CITIZENSHIP BEHAVIOR (Case Study: Employees on Education Institutions)
DIELLA ZUHDIYANI, 14311037 (Universitas Islam Indonesia, 2018-04-13)Pengelolaan merek secara internal atau internal brand management (IBM) adalah usaha strategis oleh organisasi bisnis untuk membimbing para karyawannya agar secara kognitif, afektif, dan perilaku dapat searah dengan nilai-nilai ... -
Pengaruh Brand Experience, Brand Satisfaction, Dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Pada Pengguna Smartphone Xiaomi Di Yogyakarta
DIMAS ARI PAMUNGKAS (UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2022-11)Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Brand Experience, Brand Satisfaction, dan Brand Trust terhadap Brand Loyalty pada Pengguna Smartphone Xiaomi di Yogyakarta. Dalam penelitian ini, populasi yang digunakan ... -
Pengaruh Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality Dan Brand Loyalty Terhadap Purchase Intention
WAWAN PRASETIA (Universitas Islam Indonesia, 2021-10-25)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand awareness, brand association, perceived quality, dan brand loyalty terhadap purchase intention dan dengan pendekatan theory of planned behaviour (TPB). Responden ...