THE ROLE OF EMPLOYEE’S BRAND UNDERSTANDING, BRAND IDENTIFICATION, AND BRAND COMMITMENT ON THE ESTABLISHMENT OF BRAND CITIZENSHIP BEHAVIOR (Case Study: Employees on Education Institutions)
Abstract
Pengelolaan merek secara internal atau internal brand management (IBM) adalah usaha strategis oleh organisasi bisnis untuk membimbing para karyawannya agar secara kognitif, afektif, dan perilaku dapat searah dengan nilai-nilai merek organisasi bisnis tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk penguatkan peran dari variabel kognitif IBM yaitu pemahaman merek sebagai asal mula identifikasi merek, komitment merek, dan perilaku kewargaan merek. Data yang diteliti dikumpulkan secara online dan offline dari 183 karyawan yang bekerja di idustri jasa, yaitu institusi pendidikan di Indonesia. Penelitian ini menemukan bahwa kemampuan karyawan untuk memahami merek berpengaruh secara positif terhadap kemampuan mereka untuk mengindentifikasi dan berkomitment terhadap merek, serta berperilaku mendukung merek tersebut. Penelitian ini hanya dilakukan di industri jasa pendidikan, oleh karena itu penelitian mendatang sebaiknya dilakukan di bidang jasa atau manufaktur lainnya. Selain itu, penelitian mendatang sebaiknya meneliti variabel asal mula selain variabel asal mula yang digunakan di penelitian ini. Penelitian ini tidak hanya menguatkan peran dari variabel kognitif IBM, namun juga memvalidasi secara empirik bahwa kemampuan karyawan untuk memahami merek adalah dasar untuk dapat mengidentifikasi dan berkomitmen terhadap merek, juga untuk dapat berperilaku yang mendukung merek. Oleh karena itu, manajer di industri jasa disarankan untuk menyediakan program IBM untuk menguatkan pemahaman karyawan terhadap merek.
Collections
- Management [4703]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pengaruh Brand Awareness, Pengenalan Brand Image Terhadap Brand Loyalty dengan Mediasi Intervening dari Brand Trust dan Brand Love Pada Produk Smartphone Samsung di Indonesia
Saftri, Eka Ayu (Universitas Islam Indonesia, 2024)Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kesadaran merek, citra merek, kepercayaan merek, kecintaan merek terhadap loyalitas merek produk smartphone Samsung yang ada di Indonesia. Semakin berkembangnya arus ... -
Pengaruh Brand Experience, Brand Satisfaction, Dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Pada Pengguna Smartphone Xiaomi Di Yogyakarta
DIMAS ARI PAMUNGKAS (UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2022-11)Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Brand Experience, Brand Satisfaction, dan Brand Trust terhadap Brand Loyalty pada Pengguna Smartphone Xiaomi di Yogyakarta. Dalam penelitian ini, populasi yang digunakan ... -
Peran Brand Equity dan Brand Authenticity pada Brand Trust dan Customer Satisfaction Berbasis Brand Equity Model dalam konsumen generasi Y dan Z
Panyekar, Anindya (Universitas Islam Indonesia, 2024)Salah satu sektor yang mengalami perkembangan pesat di Indonesia adalah sektor alas kaki. Kebutuhan dan keinginan terhadap penggunaan alas kaki dipadukan dengan perkembangan tren outfit di setiap tahunnya menimbulkan ...