Show simple item record

dc.contributor.authorRachmanda, Saskia Nur
dc.date.accessioned2017-11-24T15:00:05Z
dc.date.available2017-11-24T15:00:05Z
dc.date.issued2017-05-17
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/4464
dc.description.abstractThe Body Shop merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bisnis kecantikan yang berupa produk-produk kosmetik atau make-up. Perusahaan tersebut berdiri pada tahun 1992 berlokasi di Pondok Indah Mall Jakarta. Seiring berkembangnya waktu perusahaan telah meningkatkan pangsa pasarnya hingga di Yogyakarta dengan membuka 4 outlet yang terletak di di Ambarukmo Plaza, Hartono Mall, Galeria Mall, dan Jogja City Mall. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi rasional terhadap keputusan pembelian produk The Body Shop di Yogyakarta dan menganalisis pengaruh motivasi emosional terhadap keputusan pembelian terhadap keputusan pembelian produk The Body Shop di Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah semua remaja putri dan ibu-ibu yang mengkonsumsi produk The Body Shop di Yogyakarta. Sampel sebanyak 96 responden yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Uji validitas instrumen menggunakan Pearson Correlation sedangkan uji reliabilitasnya menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa berdasarkan analisa karakteristik responden mayoritas konsumen berusia antara 20 - 21 tahun yaitu sebesar 42,7%, pendapatan Rp.1000.000 – Rp.2.000.00, lama menggunakan kurang dari 1 tahun, jenis produknya face care/make up, dan sumber informasi dari teman, serta frekuensi pembelian produk The Body Shop lebih dari 1 bulan. Berdasarkan analisis deskriptif diketahui bahwa konsumen memberikan penilaian yang tinggi pada variabel motivasi rasional yaitu dengan skor rata – rata sebesar 3,70 yang termasuk dalam kategori tinggi, dan motivasi emosional 3,84. Sedangkan pada variabel keputusan pembelian, konsumen telah memberikan penilaian tinggi, yaitu dengan skor rata – rata 3,61 yang juga termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil analissi regresi menemukan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara motivasi rasional dan motivasi emosional terhadap keputusan pembelian konsumen. Bedasarkan Uji F terdapat pengaruh bersama-sama variabel Motivasi yang terdiri dari motivasi rasional dan emosional terhadap keputusan pembelian produk The Body Shop di Yogyakarta. Berdasarkan Uji T untuk motivasi rasional sig t sebesar 0,004, yang berarti 0,004<0,05 berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian produk The Body Shop di Yogyakarta, sedangkan untuk motivasi Emosional sig t sebesar 0,000 yang berarti 0,000<0,05 berpengaruh secara signifikan motivasi emosional terhadap keputusan pembelian produk The Body Shop di Yogyakarta. Bedasarkan koefisien determinasi berganda (R2 square) = 0,508 yang berarti variabel independen secara bersamasama mempengaruhi dependen sebesar 50,8% dan sisanya 49,2% dipengaruhi oleh variabel lain seperti promosi, brand image, dll.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectMotivasi emosionalen_US
dc.subjectrasionalen_US
dc.subjectkeputusan pembelianen_US
dc.titleANALISIS PENGARUH MOTIVASI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK THE BODY SHOP DI YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record