dc.description.abstract | The Body Shop merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam
bisnis kecantikan yang berupa produk-produk kosmetik atau make-up. Perusahaan
tersebut berdiri pada tahun 1992 berlokasi di Pondok Indah Mall Jakarta. Seiring
berkembangnya waktu perusahaan telah meningkatkan pangsa pasarnya hingga di
Yogyakarta dengan membuka 4 outlet yang terletak di di Ambarukmo Plaza,
Hartono Mall, Galeria Mall, dan Jogja City Mall. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis pengaruh motivasi rasional terhadap keputusan pembelian produk
The Body Shop di Yogyakarta dan menganalisis pengaruh motivasi emosional
terhadap keputusan pembelian terhadap keputusan pembelian produk The Body
Shop di Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah semua remaja putri dan
ibu-ibu yang mengkonsumsi produk The Body Shop di Yogyakarta. Sampel
sebanyak 96 responden yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Uji
validitas instrumen menggunakan Pearson Correlation sedangkan uji
reliabilitasnya menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis yang digunakan
adalah uji asumsi klasik dan Analisis Regresi Linier Berganda.
Hasil penelitian menemukan bahwa berdasarkan analisa karakteristik
responden mayoritas konsumen berusia antara 20 - 21 tahun yaitu sebesar 42,7%,
pendapatan Rp.1000.000 – Rp.2.000.00, lama menggunakan kurang dari 1 tahun,
jenis produknya face care/make up, dan sumber informasi dari teman, serta
frekuensi pembelian produk The Body Shop lebih dari 1 bulan. Berdasarkan
analisis deskriptif diketahui bahwa konsumen memberikan penilaian yang tinggi
pada variabel motivasi rasional yaitu dengan skor rata – rata sebesar 3,70 yang
termasuk dalam kategori tinggi, dan motivasi emosional 3,84. Sedangkan pada
variabel keputusan pembelian, konsumen telah memberikan penilaian tinggi, yaitu
dengan skor rata – rata 3,61 yang juga termasuk dalam kategori tinggi.
Berdasarkan hasil analissi regresi menemukan bahwa terdapat pengaruh signifikan
antara motivasi rasional dan motivasi emosional terhadap keputusan pembelian
konsumen. Bedasarkan Uji F terdapat pengaruh bersama-sama variabel Motivasi
yang terdiri dari motivasi rasional dan emosional terhadap keputusan pembelian
produk The Body Shop di Yogyakarta. Berdasarkan Uji T untuk motivasi rasional
sig t sebesar 0,004, yang berarti 0,004<0,05 berpengaruh secara signifikan dan
positif terhadap keputusan pembelian produk The Body Shop di Yogyakarta,
sedangkan untuk motivasi Emosional sig t sebesar 0,000 yang berarti 0,000<0,05
berpengaruh secara signifikan motivasi emosional terhadap keputusan pembelian
produk The Body Shop di Yogyakarta. Bedasarkan koefisien determinasi
berganda (R2 square) = 0,508 yang berarti variabel independen secara bersamasama mempengaruhi dependen sebesar 50,8% dan sisanya 49,2% dipengaruhi
oleh variabel lain seperti promosi, brand image, dll. | en_US |