Pengaruh Kepuasan, Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Dimediasi Switching Cost
Abstract
Provider sangat memikirkan tentang kepuasan dari pelanggan yang menjadi
segmentasi pasarnya yang di mana akan sangat bersaing dengan yang lainnya.
Kepuasan pelanggan, kepercayaan pelanggan dan persepsi risiko dapat
memengaruhi loyalitas konsumen terhadap suatu produk atau jasa. Konsumen masa
kini menghadapi pilihan berbagai macam merek dan membentuk suatu harapan
bahwa produk yang akan di belinya bisa memberikan kepuasan. Karena
perkembangan teknologi yang sangat pesat, perusahaan provider harus memikirkan
kepuasan, kepercayaan, dan persepsi risiko pelanggan. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui dan menguji pengaruh kepuasan ,kepercayaan, persepsi risiko
terhadap loyalitas konsumen serta mengetahui dan menguji pengaruh switching cost
dapat memediasi variabel kepuasan konsumen, kepercayaan konsumen dan
persepsi risiko terhadap loyalitas konsumen. Penelitian ini bersumber dari data.
Penulis mengelompokkan data dalam dua tipe utama, yaitu data kategorial dan data
numerik. Data kategori terdiri dari data nominal dan data ordinal, sedangkan data
numerik terdiri dari data interval dan data rasio. Dalam penelitian ini sampel yang
dipilih yaitu konsumen yang menggunakan provider Telkomsel. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik nonprobability
sampling.
Dalam
penelitian
ini
data
yang
digunakan
adalah
data
primer
dengan
195
responden
sedangkan
alat
uji
validitas
yang
digunakan
pada
penelitian
adalah
SPSS.
Berdasarkan
analisis
yang
telah
dilakukan
menunjukkan
bahwa
tidak
semua
hipotesis
diterima.
Kepuasaan
konsumen,
persepsi
risiko
dan
switching
cost
sebagai
mediasi hubungan kepuasan konsumen dengan loyalitas konsumen
berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen. Hasil penelitian ini juga
menunjukkan bahwa kepercayaan tidak terbukti sehingga kepercayaan tidak
menjadi faktor pendorong terciptanya loyalitas konsumen, switching cost sebagai
mediasi hubungan kepercayaan dengan loyalitas konsumen, dan switching cost
sebagai mediasi hubungan persepsi risiko dengan loyalitas konsumen juga tidak
terbukti sehingga switching cost tidak dapat memperkuat atau memperlemah
hubungan kepercayaan dan persepsi risiko dengan loyalitas konsumen.
Collections
- Management [4527]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN DAN KUALITAS PELAYANAN DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KONSUMEN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (Studi Pada Konsumen Waroeng Spesial Sambal)
Anggitan Haryo Wicaksono (Universitas Islam Indonesia, 2018-06-07)Perkembangan bisnis yang cepat dan dinamis sekarang ini menuntut perusahaan untuk mampu bersaing dalam ketatnya kompetisi bisnis yang semakin kompetitif. Dalam hal ini, potensi sumber daya serta kinerja yang baik merupakan ... -
PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN MELALUI BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN MENURUT HUKUM POSITIF (UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN) DAN HUKUM ISLAM
Sri Wahyuningsih, 14421008 (Universitas Islam Indonesia, 2018-08-14)Dalam lingkup dunia permasalahan semua orang tidak lepas dengan perekonomian, tidak lepas juga dengan konsumsi, seolah-olah manusia dilahirkan hanya untuk mengonsumsi suatu barang atau jasa hingga mati. Berbicara ... -
Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Konsumen (Studi Pada Konsumen Hypermart Yogyakarta)
11311698 Martin Bimantara (Universitas Islam Indonesia, 2016)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode non probability sampling dengan sampel ...