Analisis Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepuasan Pelanggan dalam Loyalitas Produk Apple Iphone 6
Abstract
Dina Sartika, 11321059. Analisis Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepuasan
Pelanggan dalam Loyalitas Produk Apple Iphone 6: Studi Pada Masyarakat Desa
Condongcatur, Sleman. Skripsi Sarjana. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas
Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia, 2016
Di era modern saat ini mengharuskan tiap individu untuk mengikuti perkembangan
teknologi, yang paling utama adalah teknologi komunikasi. Tidak dapat dibayangkan
bagaimana teknologi komunikasi telah mengubah kehidupan manusia, terutama yang
namanya telepon seluler. Telepon seluler adalah perangkat komunikasi elektronik yang
memiliki kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun
dapat dibawa kemana-mana dan tidak perlu disambungkan menggunakan kabel telepon.
Berdasarkan latarbelakang diatas penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh
Citra Merek(Brand Image) dan Kepuasan Pelanggan dalam Loyalitas Produk Apple Iphone 6
di Desa Condongcatur, Sleman.
Penelitian ini menggunakan teori ketergantungan, teori ini menggunakan pendekatan
keseluruhan melalui pendekatan kasus. Dimana ketergantungan disini adalah akibat proses
kapitalisme global dan keseluruhan dinamika yang menjadi perhatian dari pendekatan ini.
Hal ini sesuai dengan berkembangnya media di Indonesia, salah satunya media elektronik
yaitu handphone. Penelitian ini menggunakan paradigma positivismedanpendekatan
kuantitatif. Metode yang digunakan adalah jenis penelitian survei menggunakan kuisioner
yang dibagikan kepada masyarakat Desa Condongcatur, Sleman - Yogyakarta. .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek mempunyai pengaruh yang
signifikan terhadap loyalitas sebesar 67.4%, kepuasan pelanggan mempunyai pengaruh yang
signifikan terhadap loyalitas sebesar 65.9%. Kemudian untuk menunjukkan besarnya citra
merek dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas dapat dijelaskan oleh kedua variabel
bebasnya dapat dilihat dari koefisien determinasi (R2) sebesar 0.667 atau 66.7%.
Collections
- Communication [943]