Pengaruh Kesadaran Fashion Muslim Dan Faktor- Faktornya Terhadap Konsumsi Fashion Muslim Di Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran fashion
muslim dan beberapa faktornya terhadap konsumsi fashion muslim di Indonesia.
Pengujian model dan hipotesis dilakukan dengan menggunakan 180 responden
dengan populasi yang merupakan wanita berusia antara 18-55 tahun yang
berdomisili di Indonesia yang beragama Islam dan menggunakan fashion muslim.
Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu convenience sampling.
Penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dan
pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner digital melalui media sosial.
Hipotesis penelitian diolah menggunakan software SmartPLS versi 3.0.
Variabel data yang digunakan dalam hal ini antara lain sumber pengetahuan
fashion muslim, motivasi fashion muslim, gaya berpakaian, keunikan fashion
muslim, kesadaran fashion muslim dan konsumsi fashion muslim. Variabel-
variabel ini membentuk lima hipotesis. Hasil analisis data dalam penelitian ini
menunjukkan bahwa sumber pengetahuan fashion muslim, gaya berpakaian dan
keunikan fashion muslim memiliki pengaruh yang positif dan signifikan pada
kesadaran fashion muslim. Kesadaran fashion muslim memiliki pengaruh yang
positif dan signifikan pada konsumsi fashion muslim. Namun motivasi fashion
muslim tidak memiliki pengaruh yang signifikan pada kesadaran fashion muslim.
Collections
- Management [4703]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Peran Pengalaman Merek Dan Keterlibatan Pada Loyalitas Pelanggan Fashion Muslim Di Indonesia
MANDA INDURASMI, 18311099 (Universitas Islam Indonesia, 2022-06-06)Mayoritas masyarakat Indonesia adalah seorang Muslim, Agama Islam sendiri memiliki aturannya seperti pakaian umatnya perlu menutup aurat mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah pengalaman merek ... -
Analisis Risiko Pada Bisnis Fashion Muslim Di Yogyakarta Menggunakan Metode Analytical Network Process (ANP)
Mawaddah, Furrie Ayu Arwa (Universitas Islam Indonesia, 2019-08-03)Fashion termasuk ke dalam sektor ekonomi kreatif yang sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. Dalam pengembangan bisnis fashion tidaklah mudah karena fashion termasuk ke dalam fast moving industry, siklus hidup ... -
Mengetahui Loyalitas Merek Fashion Muslim Berdasarkan Aktivitas Pemasaran Media Sosial Dan Ekuitas Merek.
PAVITA AULIAHASNA OKTADHIVIA (UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2022-03-10)Perkembangan fashion muslim di Indonesia semakin meningkat mengikuti perkembangan zaman. Dengan teknologi yang semakin meningkat, kita dengan mudah dapat mengakses media sosial mengenai trend fashion muslim yang sedang ...