Strategi Pemasaran Revenue Band Dalam Menghadapi Situasi Persaingan Dunia Showbiz Jogjakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja, dan bagaimana stralegi
yang telah serta sedang dilakukan oleh pihak manajemen Revenue band
Jogjakarta. Dengan mencermati perubahan trend musik, paradok musik yang
terjadi, juga dengan begitu banyaknya pemunculan grup band baru dikota
Jogjakarta yang mengakibatkan situasi persaingan dunia showbiz semakin ramai,
Sejauh mana strategi tersebut memberikan kontribusi terhadap grup band
Revenue.
Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah
mctodc Jugdement Sampling. Sampel yang dipilih berdasarkan kapabilitas serta
pertimbangan subyektif mengenai responden yang diteiiti. Dalam penelitian ini
penulis menunjuk sebagai respondennya adalah manajer, road manajer. assisten
road manajer, sound engineer, serta beberapa stage crew dari Revenue band.
Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT
(Strengh,Weakness,Opportunities,Threat). SWOT merniliki dua sumbu: vertikal
dan horisontal. Sumbu vertikal digunakan untuk mengganibarkan peiuang
(opportunity) dan ancaman (threat) bisnis yang berasal dari berbagai indikator
yang ada dalam lingkungan bisnis. Sedang sumbu horisontal menggamharkan
tentang kekuatan perusahaan (business strengths), dan kelemahan perusahaan
(weakness).
Hasil dari penelitian ini mcnunjukkan bahwa posisi grup band Revenue berada
pada posisi yang terietak di kuadran I, dan implikasi strategis yang dapat
dilakukan oleh pihak manajemen grup band Revenue adalah dengan
menggunakan strategi S-O yaitu menciptakan strategi yang menggunakan
kekuatan (slrenghs) untuk memanfaatkan peiuang-peiuang yang ada.
Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah mempertahankan dan
meningkatkan performa band, potensi band, kualitas/materi musik, dan efektifitas
promosi yang merupakan kekuatan dari grup band Revenue. Dan yang menjadi
peiuang Revenue yaitu pertumbuhan pasar industri musik, perubahan trend musik,
record/major label, serta hubungan pemasaran.
Saran dari penuiis yaitu dalam hal investasi yang akan dilakukan haruslah
mendukimg strategi pemasarannya serta lebih efektif dan efisien (tepat sasaran).
Strategi pertumbuhan unit usaha ini adalah berdasarkan segmen yang diambil,
maka hendaknya fokus terhadap segmentasi yang diambil serta mewaspadai
kondisi jenuh pasar sehingga dapat melakukan periuasan pasar. Memanfaatkan
hubungan pemasaran sehingga menjadikan suatu advantage tersendiri bagi
Revenue band. Serta memunculkan suatu spesialisasi tertentu yang dapat menjadi
keunikan dari Revenue band (strategi diffcrensiasi).
Collections
- Management [4527]