Islamic Education: Recent submissions
Now showing items 1-20 of 882
-
Peran Program “Ngaji Kitab Kuning” Pondok Pesantren Misbakhudh Dholam dalam meningkatkan Sikap Keagamaan Remaja di Dusun Bendan Kabupaten Magelang
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Pendidikan Agama Islam mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia sebab Pendidikan Agama merupakan motivasi hidup dan kehidupan serta merupakan alat pengembangan dan pengendalian diri. Timbulnya perilaku ... -
Mengembangkan Karakter Cinta Damai Santri Studi Kasus di Pondok Pesantren Asy-syafi’iyah Yogyakarta
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Pondok pesantren Asy-Syafi’iyah Yogyakarta adalah wadah atau tempat bagi para santri dididik agar menjadi lebih baik. Tidak hanya membaca maupun menghafal Al-Qur’an saja, melainkan tata cara berkomunikasi juga sangat penting ... -
Stretegi Pengembangan Sikap Religiusitas Siswa Kelas IX oleh Guru Pendidikan Agama Islam Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Pringsurat Kabupaten Temanggung
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Kurangnya keberhasilan pembelajaran agama Islam disebabkan oleh beberapa faktor: terbatasnya jam pelajaran, konsep pembelajaran yang hanya fokus pada hafalan, kurangnya motivasi dari guru mata pelajaran lain, dan peran ... -
Implementasi Program Unggulan Kelas "Robotik” dalam Pengembangan Skill dan Kreativitas Siswa Kelas VII dan VIII di MTs N 4 Sleman
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana implementasi program unggulan kelas robotik dalam pengembangan skill dan kreativitas siswa kelas VII dan VII di MTs N 4 Sleman. Untuk menganalisis bagaimana implementasi ... -
Peran Lembaga UII Ayo Mengajar (UAM) dalam meningkatkan Keterampilan Mengajar Mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Keterampilan mengajar merupakan kemampuan guru dalam beberapa aspek pada pembelajaran dengan tujuan agar siswa dapat memahami ilmu yang diberikan. Keterampilan mengajar yang dimiliki oleh guru akan menentukan keberhasilan dalam ... -
Pesan-pesan Pendidikan Karakter dalam Surah Luqman Ayat 12-19 (Kajian Tafsir Al-Misbah)
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Al-Qur’an merupakan pedoman hidup umat manusia, yang membimbing manusia pada jalan kebenaran. Salah satu bentuk dari bimbingan al-Qur’an yakni bimbingan terkait pendidikan. Seiring berjalannya waktu, pendidikan Islam ... -
Pengaruh Pembiasaan Shalat Berjamaah Terhadap Peningkatan Religiusitas Siswa SD Negeri Kiyaran 2 Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman
(Universitas Islam Indonesia, 2024)SD Negeri Kiyaran 2 Kecamatan Cangkringan adalah lembaga pendidikan yang mengimplementasikan pembiasaan shalat berjamaah dalam meningkatkan religiusitas peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa ... -
Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Media Lumen5 Kelas VI di SDN 01 Tulus Ayu Sumatera Selatan
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Hadirnya teknologi di dunia pendidikan merupakan tantangan untuk meningkatkan mutu pendidikan pada abad ke 21. Begitu juga pada proses belajar mengajar yang tidak monoton dan membosankan. Namun pada saat sekarang guru tidak ... -
Peran Direktorat Pendidikan dan Pembinaan Agama Islam (DPPAI) dalam menyelenggarakan Pendidikan dan Pembinaan Agama Islam Terhadap Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Angkatan 2023 di Universitas Islam Indonesia
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Kampus berfungsi sebagai pusat pembelajaran mahasiswa agar dapat mengembangkan potensi manusiawi untuk menghasilkan mahasiswa berkarakter Islami yang berilmu, berkomitmen, dan beramal. Hal itu tidak lepas dari peran lembaga ... -
Peran Guru Pendikan Agama Islam dalam Melaksanakan Pendidikan Inklusi di MTS Generasi Emas Denpasar Bali
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Pendidikan inklusi dalam konteks pendidikan agama Islam dapat dilihat sebagai implementasi nilai-nilai agama Islam yang mendorong perhatian terhadap keberagaman dan perlindungan hak-hak individu terlebih lagi di Bali ... -
Metode Hafalan Al-qur’an Mahasiswi (Studi Komparasi Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-hamra’ Krapyak dan Pondok Pesantren Nurul Ummah Putri Yogyakarta)
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Penelitian ini berangkat dari pentingnya menghafal Al-Qur‟an bagi umat muslim dikarenakan memiliki banyak keutamaannya serta merupakan anjuran Rasulullah Saw. Namun, dalam menghafal Al-Qur‟an tentunya dibutuhkan metode ... -
Penerapan Program Internship pada Mata Kuliah Perpustakaan dan Literasi Digital dalam meningkatkan Kompetensi Profesional Mahasiswa Progam Studi PAI UII
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Perkembangan teknologi saat ini mengharuskan pendidikan untuk mulai beradaptasi dengan era society 5.0. Pada era society 5.0 ini guru harus menguasai empat kompetensi inti, yakni kompetensi profesional, kompetensi ... -
Analisis Manajemen Pelaksanaan Program Madrasah Riset dalam mewujudkan Madrasah Unggul di MAN 4 Sleman Yogyakarta
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Program madrasah riset menjadi salah satu perwujudan inovasi pendidikan abad ke-21. Melalui program madrasah riset mampu mewujudkan madrasah yang unggul dan kompetitif. Namun, tidak semua madrasah memiliki keunggulan ... -
Konsep Pendidikan Karakter di MTS Yapi Pakem Sleman dalam Perspektif KH Hasyim Asy’ari
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Penelitian ini dipicuh oleh krisisnya pendidikan karakter dikalangan remaja yang mudah terpengaruh oleh zaman hal tersebut ditandai dengan maraknya pergaulan bebas dikalangan remaja sehingga karakter anak bangsa saat ini ... -
Implementasi Metode Mnemonik dalam Pembelajaran Tajwid (Studi Kasus pada Program Tahsin Tingkat Remaja PPIQ PP Nurul Jadid Paiton Probolinggo)
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Pembelajaran tajwid adalah salah satu cabang dari ilmu yang mempelajari Al- Qur’an yang memiliki sistematika untuk mempermudah dalam memperbaiki bacaan dengan memiliki syarat, tujuan serta fungsi tersendiri. Dengan ... -
Peran Guru PAI dalam Penanaman Karakter Cinta Lingkungan di MTS Negeri 3 Sleman Yogyakarta
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Manusia tidak bisa dipisahkan dari lingkungan, karena manusia merupakan bagian dari lingkungan itu sendiri. Permasalahan lingkungan yang terjadi saat ini dapat disebabkan oleh beberapa masalah. Salah satunya adalah sikap ... -
Implementasi Kebijakan Otonomi Daerah Nomor 54 Tahun 2016 dalam Pendidikan Agama Islam di Kabupaten Sarolangun
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Sejak diterapkannya otonomi daerah pada tahun 2003, mengalami perubahan yang sangat signifikan dalam pengelolaan pendidikan. Pasal 11 ayat (2) menegaskan bahwa "Pemerintah dan Pemerintah Daerah harus menjamin ketersediaan ... -
Implementasi Metode Kuartalan dalam menjaga Hafalan Al-Qur'an Pada Santri Tahfidz di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran Kecamatan Bayat, Klaten
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Dalam menghafal Al-Qur’an perlu adanya metode atau cara agar hafalan tetap terjaga dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode kuartalan dalam menjaga hafalan Al-Qur’an pada santri tahfidz, ... -
Pengembangan Media Pembelajaran Active Learning Darbuka Learning Arabic (UNIC) pada Lalaran di Pondok Pesantren Inayatullah Sleman Yogyakarta
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran active learning Darbuka Learning Arabic (UNIC) pada lalaran dan mengetahui kelayakan serta implementasi media pembelajaran. Materi lalaran yang digunakan ... -
Peran Ketua Takmir dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam di Masjid Nurul Hadi Barepan Klaten
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Penelitian ini hadir dilatar belakangi transisi struktur kepengurusan masjid, dilandasi dua tahun berdirinya masjid yang sebelumnya berstatus sebagai mushola. Perlu diketahui bahwa masjid merupakan pusat segala kegiatan ...