Islamic Education: Recent submissions
Now showing items 1-20 of 918
-
Pengaruh Ekstrakulikuler Tahfidz Al-qur’an Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA UII Yogyakarta
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Penelitian kali ini dilatar belakangi oleh fenomena maraknya program tahfidz di sekolah-sekolah sebagai bentuk keunikan sekaligus keunggulan sekolah, terutama untuk memahami dampak tentang program tahfidz Al-Qur’an di ... -
Implementasi Metode Ummi Sebagai Upaya Motivasi Menghafal dan Membaca Tartil Al- Qur’an Pada Peserta Didik di SD Islam Cahaya Ilmu Pedurungan Kota Semarang
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Penggunaan metode pembelajaran memberikan peran sentral dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah direncanakan. Ditengah gemuruhnya metode pembelajaran Al-Qur’an SD Islam Cahaya Ilmu dengan segala pertimbangannya memilih ... -
Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Powerpoint Text Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 7c dan 7d Smp Negeri 3 Mlati
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Media pembelajaran merupakan alat bantu yang penting untuk guru dalam proses pembelajaran. Fungsinya mencakup penyampaian materi pembelajaran, peningkatan kreativitas peserta didik, dan peningkatan perhatian mereka ... -
Peran Mahasiswa PPL Prodi PAI Uii dalam memotivasi Murid Man 4 Sleman untuk melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Kataِ “Peran”ِ dalamِ penelitianِiniِmerupakanِ faktorِ yangِ diberikanِ olehِ mahasiswa untuk memotivasi siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, baik itu berupa arahan, dorongan semangat, kontribusi serta ... -
Pengaruh Minat Membaca Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Peserta Didik di MTs Darul ‘Ulum Muhammadiyah Galur
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat baca terhadap hasil belajar Aqidah Akhlak pada siswa MTs Darul ‘Ulum Muhammadiyah Galur. Fakta dilapangan menunjukan masih kurangnya minat dan kunjungan siswa ke ... -
Pengaruh Quarter Life Crisis Terhadap Prokrastinasi Akademik dalam Penyelesaian Skripsi Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Indonesia
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Mahasiswa menghadapi banyak tantangan dan kesulitan. Faktor internal adalah salah satu dari banyak faktor yang menghambat proses mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi. Faktor internal diantarannya berasal dari fase quarter ... -
Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-qur’ An Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Prambanan
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Peranan guru PAI dalam pembelajaran BTAQ sangatlah penting bagi peserta didik. Sebagai tugas dan tanggung jawab seorang pembimbing harus mengetahui karakter peserta didik. Membaca Al-Qur’an adalah suatu ibadah yang sangatlah ... -
Hubungan Religiusitas Dan Tindakan Tidak Memilih (GOLPUT) Pada Mahasiswa Tahun Pertama Program Studi Pendidikan Agama Islam (UII)
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Pemilihan umum tahun ini didominasi oleh pemuda diabtaranya Mahasiswa baru, menurut data mahasiswa perantau adalah penyumbang tindakan golput, apalagi mahasiswa baru yang merantau. Selanjutnya Majelis Ulama Indonesia ... -
Upaya Penanaman Karakter Religius Siswa Melalui Program Boarding School di SMPN 4 Pakem Sleman
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Permasalahan kemerosotan moral karakter yang terjadi saat ini tidak hanya menimpa orang dewasa saja, namun juga generasi muda. Selain itu, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi yang pesat saat ini tentunya ... -
Metode Menghafal Al-qur’an Pada Anak Usia Dini di Program Taud KB-TK Islam Taruna Al-qur’an, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Menghafal Al-Qur'an pada anak usia dini membutuhkan pendampingan khusus dan metode yang tepat untuk efektifitas menghafal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode yang diterapkan dalam menghafal Al-Qur’an pada ... -
Strategi Guru PAI Kelas XI SMK Pondok Pesantren Syubbanul Wathon Tegalrejo Magelang dalam menghadapi Tantangan Era Society 5.0
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Implementasi Strategi Guru PAI yang adaptif urgensi dilakukan dalam menghadapi kompleksitas Perkembangan zaman khususnya tantangan Era Society 5.0 guna meningkatkan kualitas pendidikan dan kesiapan integrasi teknologi. ... -
Peran Pengajar Taman Pendidikan Al-qur’an (TPA) dalam meningkatkan Karakter Disiplin Santri di TPA Ulil Albab Candi Karang
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Anak-anak adalah salah satu generasi yang akan melanjutkan perjuangan agama dan bangsa Indonesia. Penting nya pendidikan sejak usia dini sudah harus diterapkan di setiap kalangan masyarakat dan orang tua. Taman Pendidikan ... -
Modernisasi Kurikulum dan Metode Pembelajaran dalam Sistem Pendidikan Pondok Pesantren (Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Amanah Al-Gontory Tangerang Selatan Banten)
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Peradaban pendidikan di Indonesia semakin terus maju dan berkembang sehingga menciptakan banyak perubahan dalam sistem, kurikulum dan metode pembelajarannya. Pada saat ini pondok pesantren mengalami tantangan besar ... -
Perbandingan Efektifitas Metode Pembelajaran Kelompok dengan Metode Pembelajaran Individual Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Pusmalang Kec. Cangkringan Sleman D.I Yogyakarta
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Pendidikan Agama Islam merupakan mata pelajaran penting yang diajarkan di sekolah untuk membentuk karakter dan moral siswa dalam kehidupan sehari- hari. Hal ini sesuai dengan fakta bahwa, kehidupan beragama adalah salah ... -
Penerapan Metode Bercerita Sebagai Penanaman Karakter Berbasis Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini di TK Sultan Agung Yayasan Badan Wakaf UII Nglanjaran, Ngaglik, Sleman
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Pembentukan karakter anak harus dimulai sedini mungkin, yakni dimulai pada lingkungan keluarga. Pada saat anak sudah mulai memasuki jenjang pendidikan formal dimulai dari pendidikan Taman Kanak-Kanak. Jenjang Taman Kanak-kanak ... -
Peran Orang Tua dalam meningkatkan Motivasi Belajar Baca Tulis Al-qur’an di TPQ As-soffah Dusun Wonodadi Desa Wonolelo Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Penelitian yang peneliti lakukan fokus pada Peran Orang Tua DalamMeningkatkan Belajar Baca Tulis Al-Qur’an Di TPQ As-Soffah di DusunWonodadi Desa Wonolelo Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang. Adapuntujuan penelitian ini ... -
Peran Guru dalam mendidik Anak Membaca Al- Qur’an di TPA Miftahul Jannah Desa Kopatan Sleman Yogyakarta
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Peran guru merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam Pendidikan dan pencapaian keberhasilan pembelajaran di sekolah. Orang yang memberikan pengetahuan kepada peserta didik adalah guru. Pendidikan identik dengan ... -
Studi Pemikiran Yusuf Qardhawi Tentang Pengentasan Kemiskinan dan Implementasinya di Indonesia
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Kemiskinan menjadi mendasar yang dihadapi berbagai negara, termasuk Indonesia, dengan angka per Maret 2023 mencapai 25,90 juta jiwa. Tidak sekadar fenomena sosial, kemiskinan dapat membahayakan akidah. Tokoh Muslim dunia ... -
Relevansi Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Ibnu Qayyim Al-jauziyyah dengan Potensi dan Pola Asuh Anak
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Anak Usia Dini dipandang sangat penting sehingga diistilahkan sebagai usia emas (golden age). Belakangan ini pendidikan anak usia dini menjadi salah satu bentuk tahapan pendidikan yang mendapat perhatian dari sebagian ... -
Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Classroom terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-qur’an Hadits Kelas VIII di MTs N 7 Sleman Yogyakarta
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Penelitian ini berbicara mengenai pengaruh penggunaan Aplikasi Google Classroom terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII di MTs N 7 SLEMAN, YOGYAKARTA., YOGYAKARTA. dalam hal ini hasil ...