Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Shampo Sunsilk terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Mahasiswa FE UII)
Abstract
Skripsi ini mengangkat judul “Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Shampo Sunsilk Terhadap Keputusan Pembelian (studi kasus pada mahasiswa FE UII).“ Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek shampo Sunsilk terhadap keputusan pembelian. Selanjutnya untuk mengetahui elemen ekuitas merek mana yang paling kuat mempengaruhi keputusan pembelian.
Data diolah dan dianalisis menggunakan analisis Regresi Linier Berganda. Pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji t dengan taraf signifikansi sebesar 5 %. Sedangkan untuk mengukur validitas dan reliabilitas alat ukur dalam penelitian ini, maka rumus Product Moment dan Cronbach Alpha menjadi pilihan. Selanjutnya untuk menguji hasil penelitian menggunakan alat bantu SPSS For Windows 12.0.
Populasi penelitian adalah mahasiswa FE UII, pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode convenience sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 96 responden yang mengkonsumsi dan mengetahui merek shampo Sunsilk. Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan kuisioner. Variabel penelitiannya adalah Kesadaran Merek (X1), Persepsi Kualitas (X2), Loyalitas Merek (X3)), Asosiasi Merek (X4) dan Keputusan pembelian (Y).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil dari koefisien regresi positif (searah) artinya, jika kesadaran merek, persepsi kualitas, loyalitas merek, asosiasi merek meningkat maka keputusan pembelian konsumen merek shampo Sunsilk akan meningkat. Hasil Uji F diperoleh Fhitung sebesar 72,874 dengan probabilitas (p-value) sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, atau dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh secara simultan ekuitas merek yang terdiri dari variabel Brand Awareness, Perceived Quality, Brand Loyalty dan Brand Association terhadap Keputusan Pembelian konsumen pada produk shampo Sunsilk.
Hasil dari Koefisien Determinasi (R2) sebesar 0,752 yang menunjukkan bahwa variabel bebas secara bersama–sama mempengaruhi variabel tidak bebas sebesar 75,2% sisanya sebesar 24,8% dipengaruhi oleh variabel bebas lainnya seperti atribut produk (harga, kualitas, promosi dan distribusi) serta faktor lainnya.
Hasil uji Koefisien Korelasi Partial variabel Kesadaran Merek (X1) = 0.279, Persepsi Kualitas (X2) = 0.293 , Loyalitas Merek (X3) = 0.210 Asosiasi Merek (X4) = 0.270. Dengan demikian untuk variabel Perceived quality (X2) mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk shampo Sunsilk
Kata Kunci : Merek, Ekuitas Merek, Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Loyalitas Merek, Asosiasi Merek dan Keputusan Pembelian
Collections
- Management [4529]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Analisis Pengaruh Keakraban Merek, Merek Kesukaan, Merek Kepercayaan dan Negara Asal Merek Terhadap Minat Beli Pelanggan Sepatu Merek Nike (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UII)
Indriani, Riza Amalia (UII Yogyakarta, 2015-08-20)Di era global ini semakin tinggi tingkat persaingan bisnis. Hal ini memaksa perusahaan untuk bisa lebih mengembangkan dan memasarkan produk mereka agar mampu mempertahankan produknya serta memenangkan persaingan. Diikuti ... -
PENGARUH ASOSIASI MEREK, LOYALITAS MEREK, KESADARAN MEREK, DAN CITRA MEREK TERHADAP EKUITAS MEREK PADA PRIVATE LABEL FASHION DARING
Yudistira Dimas Adiputra, 14311216 (Universitas Islam Indonesia, 2018-08-10)Ekuitas merek merupakan aspek penting yang ada dalam pemasaran. Terdapat beberapa indikator yang dapat berpengaruh terhada ekuitas merek yaitu asosiasi merek, loyalitas merek, kesadaran merek, dan citra merek. Tujuan dari ... -
Pengaruh Asosiasi Merek, Kesetiaan Merek, Kesadaran Merek, Dan Citra Merek Terhadap Ekuitas Merek Mie Instan Indomie Pada Mahasiswa Strata 1 Yang Merantau Di Yogyakarta
DENI SAPUTRA (Universitas Islam Indonesia, 2021-04-21)Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui dimensi Ekuitas Merek yang mempengaruhi Ekuitas Merek mie instan Indomie pada mahasiswa strata 1 yang merantau di Yogyakarta. Signal detection theory dapat mendeteksi ...