Show simple item record

dc.contributor.advisorDra. Sri Hardjanti, MM
dc.contributor.authorSeto Prihanto
dc.date.accessioned2021-08-27T06:23:15Z
dc.date.available2021-08-27T06:23:15Z
dc.date.issued2007
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/32018
dc.description.abstractSkripsi ini mengangkat judul “Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Shampo Sunsilk Terhadap Keputusan Pembelian (studi kasus pada mahasiswa FE UII).“ Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek shampo Sunsilk terhadap keputusan pembelian. Selanjutnya untuk mengetahui elemen ekuitas merek mana yang paling kuat mempengaruhi keputusan pembelian. Data diolah dan dianalisis menggunakan analisis Regresi Linier Berganda. Pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji t dengan taraf signifikansi sebesar 5 %. Sedangkan untuk mengukur validitas dan reliabilitas alat ukur dalam penelitian ini, maka rumus Product Moment dan Cronbach Alpha menjadi pilihan. Selanjutnya untuk menguji hasil penelitian menggunakan alat bantu SPSS For Windows 12.0. Populasi penelitian adalah mahasiswa FE UII, pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode convenience sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 96 responden yang mengkonsumsi dan mengetahui merek shampo Sunsilk. Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan kuisioner. Variabel penelitiannya adalah Kesadaran Merek (X1), Persepsi Kualitas (X2), Loyalitas Merek (X3)), Asosiasi Merek (X4) dan Keputusan pembelian (Y). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil dari koefisien regresi positif (searah) artinya, jika kesadaran merek, persepsi kualitas, loyalitas merek, asosiasi merek meningkat maka keputusan pembelian konsumen merek shampo Sunsilk akan meningkat. Hasil Uji F diperoleh Fhitung sebesar 72,874 dengan probabilitas (p-value) sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, atau dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh secara simultan ekuitas merek yang terdiri dari variabel Brand Awareness, Perceived Quality, Brand Loyalty dan Brand Association terhadap Keputusan Pembelian konsumen pada produk shampo Sunsilk. Hasil dari Koefisien Determinasi (R2) sebesar 0,752 yang menunjukkan bahwa variabel bebas secara bersama–sama mempengaruhi variabel tidak bebas sebesar 75,2% sisanya sebesar 24,8% dipengaruhi oleh variabel bebas lainnya seperti atribut produk (harga, kualitas, promosi dan distribusi) serta faktor lainnya. Hasil uji Koefisien Korelasi Partial variabel Kesadaran Merek (X1) = 0.279, Persepsi Kualitas (X2) = 0.293 , Loyalitas Merek (X3) = 0.210 Asosiasi Merek (X4) = 0.270. Dengan demikian untuk variabel Perceived quality (X2) mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk shampo Sunsilk Kata Kunci : Merek, Ekuitas Merek, Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Loyalitas Merek, Asosiasi Merek dan Keputusan Pembelianen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectEkuitas Mereken_US
dc.subjectKesadaran Mereken_US
dc.subjectPersepsi Kualitasen_US
dc.subjectLoyalitas Mereken_US
dc.subjectAsosiasi Merek dan Keputusan Pembelianen_US
dc.titleAnalisis Pengaruh Ekuitas Merek Shampo Sunsilk terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Mahasiswa FE UII)en_US
dc.Identifier.NIM03311365


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record