Browsing Faculty of Islamic Studies by Author "Dr. Junanah, MIS"
Now showing items 1-20 of 22
-
ASESMEN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN SENTRA DI TKIT MUADZ BIN JABAL 2 YOGYAKARTA
Wina Rohmaniyah, 17913106 (Universitas Islam Indonesia, 2020-01-15)Para ilmuwan sepakat mengatakan bahwa anak usia dini adalah usia emas, dimana anak memiliki otak spons yang mampu dengan cepat menyerap semua informasi dari lingkungan sekitarnya. Pada masa ini anak membutuhkan pengasuhan ... -
Efektivitas Penerapan Metode Drill Dalam Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas V SD Terpadu Ma’arif Gunungpring, Muntilan, Magelang)
Chanifah, Siti Nur, 13422148 (Universitas Islam Indonesia, 2017-05-18)Mata pelajaran bahasa Arab memiliki tujuan untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi dengan bahasa Arab, baik lisan maupun tulis, yang mencakup empat kecakapan berbahasa, yakni menyimak (istima’), berbicara (kalam), ... -
Implementasi Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Mahasiswa Di Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Indonesia Yogyakarta
INDAH RESMI WIYATI (Universitas Islam Indonesia, 2021-09-27)Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil wawancara dengan mahasiswa Pendidikan Agama Islam bahwa ada mahasiswa yang tertinggal pelajaran bahasa Arab karena teman-temannya berasal dari sekolah pondok pesantren. Oleh ... -
INTERNALISASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM HUMANIS RELIGIUS DALAM MULTIKULTURAL AGAMA DI SMP NEGERI 36 PURWOREJO
Yazid Al Ansori, 15913144 (Universitas Islam Indonesia, 2020-01-16)Dalam pembahasan di SMP Negeri 36 Purworejo, sekolah ini juga sudah banyak mendapatkan sebuah penghargaan besar dari berbagai lembaga karena selalu aktif berperan dan mengikuti informasi yang baik sekiranya siswa mampu ... -
KORELASI ANTARA LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN KEDISIPLINAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MAN 3 SLEMAN
Istiqomatul Mukarromah, 14422156 (Universitas Islam Indonesia, 2018-08-15)Usaha untuk mencapai tujuan belajar mengajar perlu diciptakan lingkungan belajar mengajar yang kondusif ataupun berbagai komponen yang masing-masing akan saling mempengaruhi. Untuk meraih prestasi didalam maupun diluar ... -
Model Kerjasama Guru Dan Orang Tua Dalam Meningkatkanakhlak Siswa Sdn 08 Lunang – Padang – Sumatera Barat
RAHMAT HIDAYAT (UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2022)Tugas dan tanggung jawab dari pendidik khususnya guru pendidikan agama Islam harus menanamkan nilai-nilai ajaran islam dibantu dengan orang tua peserta didik. kerjasama antara guru dan orangtua sangat diperlukan baik ... -
Motivasi Belajar Mahasiswa Thailand di Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia
Hermansyah, 13422044 (Universitas Islam Indonesia, 2017-05-17)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan akhlak menurut Muhammadiyah, dan mengetahui pembentukan akhlak anak dalam lingkungan keluarga menurut Muhammadiyah, serta kontekstualisasinya dalam masyarakat ... -
Nilai-Nilai Pendidikan Keluarga Dari Tafsir Lafadz Basmalah
MUHAMMAD FUADI (Universitas Islam Indonesia, 2021-08-24)Belakangan ini marak kasus tentang kekerasan dalam rumah tangga, hal yang menjadi alasannya beragam, mulai dari ekonomi, perselingkuhan, dan hal lainnya. Padahal pendidikan keluarga adalah pendidikan yang utama, karena ... -
Pelaksanaan Pembelajaran Taman Pendidikan Al-Qur’an (Tpa) Dalam Mempengaruhi Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas 05 Sd 08 Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan
MUHAMMAD IQBAL (Universitas Islam Indonesia, 2022-09-29)Pendidikan agama merupakan proses dalam menciptakan rasa kemanusiaan. Dengan menerapkan agama dalam kehidupan sehari-hari, diharapkan manusia dapat hidup sebagai manusia yang menyadari kewajibannya. Mengajarkan Pendidikan ... -
Penerapan Pembelajaran Students Centered Learning (Scl) Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Era Digital (Studi Man 4 Sleman Yogyakarta)
YUSUF PRADANA (Universitas Islam Indonesia, 2022-07-25)Latar belakang penelitian ini adalah masih terdapat kurang tepatnya pemilihan model pembelajaran di sekolah khusunya mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Kemudian berkembangnya dunia digital yang sangat pesat, mengharuskan ... -
PENGARUH AKUN DAKWAH ISLAM DI INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU AGAMA ISLAM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA ANGKATAN 2017
Laily Navi’atul Farah, 15422058 (Universitas Islam Indonesia, 2019-09-24)Media sosial yang paling banyak digunakan saat ini adalah instagram. Berbagai macam informasi mudah didapatkan di instagram salah satunya informasi tentang keagamaan yang banyak disebarkan oleh akun dakwah yang memang ... -
Pengaruh Kegiatan Pesantrenisasi Terhadap Tingkat Religiusitas Mahasiswa Fakultas Ilmu Agama Islam Angkatan 2015 Universitas Islam Indonesia
Istianah (Universitas Islam Indonesia, 2017-06-02)Kegiatan pesantrenisasi di Universitas Islam Indonesia bertujuan untuk membekali mahasiswanya dengan ilmu-ilmu agama,yang diharapkan mahasiswa universitas islam Indonesia tidak hanya menguasai ilmu umum saja. ... -
PENGARUH METODE DISKUSI QIRO’AH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI KELAS X MIPA MAN 1 YOGYAKARTA
Burhan Darul Wafa, 13422121 (Universitas Islam Indonesia, 2018-02-08)Education is a conscious effort to cultivate the potential of Human Resources (HR) through teaching activities. There are two concepts kependidiakn related to the other, namely learn and learning. the concept of learning ... -
PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTsN 10 SLEMAN YOGYAKARTA
Putri Siti Fadhillah, 14422061 (Universitas Islam Indonesia, 2020-01-06)Mata pelajaran bahasa Arab menjadi salah satu pelajaran bahasa asing yang ada di MTsN 10 Sleman, dilihat dari berlangsungnya kegiatan belajar mengajar masih banyak para siswa maupun siswi yang kesulitan untuk mengikutinya ... -
Pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlak Melalui Metode Cooperative Learning Terhadap Peningkatan Perilaku Prososial Siswa Man Tempel (Man5) Kelas X Tahun Ajaran 2016/2017
Riduwan, 13422024 (Universitas Islam Indonesia, 2017-06-06)Latar Belakang Penelitian ini adalah kurangnya perilaku siswa dalam berinteraksi dengan yang lebih tua darinya. Seorang siswa akan memiliki perilaku yang positif jika didasari dengan keinginan untuk berbuat baik dan berakhlak ... -
PENGARUH PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA KELAS XII MA AL IMAROH BEKASI
Apriansyah Ritonga, 14422074 (Universitas Islam Indonesia, 2019-02-21)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebaigan siswa yang kurang dalam sosialisasi dengan guru contohnya memberi salam sehingga murid kurang sopan terhadap guru kemudian ada pula yang tidak mengucapkan salam kepada guru dan ... -
PENGARUH PENGELOLAAN KELAS OLEH GURU AL QUR’AN HADITS DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MTSN 9 SLEMAN
Nurmi Renoning Galih, 14422125 (Universitas Islam Indonesia, 2018-08-15)Pengelolaan kelas memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran. diperoleh data bahwa sebagian siswa mengalami kesulitan dalam menerima dan mempelajari materi pelajaran Al-Qur’an Hadits dan sebagaian besar siswa asik ... -
PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI MTs SUNAN PANDANARAN SLEMAN YOGYAKARTA
Rifqi Maulana, 13422101 (Universitas Islam Indonesia, 2018-10-05)Ada banyak pengaruh yang mempengaruhi motivasi untuk belajar salah satunya yatu pola asuh orang tua, yang mana orang tua merupakan lingkungan terdekat yang selalu mengitari anak sekaligus menjadi figur dan idola mereka, ... -
PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MTsN 4 SLEMA
Khairul Maliki, 14422147 (Universitas Islam Indonesia, 2020-01-06)Pendidikan dalam keluarga bisa tercermin melalui pola asuh yang diterapkan oleh orang tua terutama dalam memotivasi belajar anak. Akan tetapi keterlibatan orang tua terhadap pendidikan anak hanya terfokus pada pemilihan ... -
Peran Orang Tua Dalam Mendidik Soft Skill Dan Hard Skill Anak (Studi Analisis Dalam Novel Rentang Kisah Karya Gita Savitri Devi)
HUSNA AMALIA RAHMAWATI (Universitas Islam Indonesia, 2021-03-23)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya urgensi untuk membentuk pemahaman kepada para pendidik khususnya orang tua akan perlunya mendidik anak sesuai zamannya. Melalui data yang diperoleh dari We Are Social, pada tahun ...