PENGARUH PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA KELAS XII MA AL IMAROH BEKASI
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebaigan siswa yang kurang dalam
sosialisasi dengan guru contohnya memberi salam sehingga murid kurang sopan
terhadap guru kemudian ada pula yang tidak mengucapkan salam kepada guru
dan masih ada juga yang kurang di siplin dalam jam pelajaran kemudian kurang
tertibnya sholat jamah di sekolah sehingga ini yang menjadikan akhlak kurang
baik..
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk jenis
penelitian lapangan (field research). Subjek yang dijadikan responden adalah 50
siwa kelas XII MA Al imaroh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi dan angket. Dimana
angket sebagai teknik pokok dalam pengumpulan data pada penelitian ini.
Observasi digunakan untuk menggali data-data yang dengan mudah diamati
secara langsung mengenai hal berkaitan dengan pembentukan akhlak siswa MA
Alimaroh, sedangkan angket digunakan untuk memperoleh data tentang pengaruh
Pembelajaran Aqidah Ahklak terhadap pembentukan akhlak siswa MA
Alimaroh.Teknikanalisis data menggunakanregresi linier sederhana yang diolah
dengan bantuan komputer program SPSS versi 22 for windows.
Temuan hasil penelitian adalah: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara
pembelajaran aqidah ahklak terhadap pembentukan akhlak iswa di MA Al imaroh
yang ditunjukkan dengan harga R=0,771 yang berkategori sedang/cukup, (2)
Besarnya pengaruh pembelajaran aqidah ahklak terhadap pembentukan akhlak
59,4% yang dibuktikan (R2 = 0,594dan p=0,000<0,05), dan sisanya merupakan
variabel lain sebesar 40,6%. Dan vaiable lain mencangkup orang tua, lingkungan,
teman,
Collections
- Islamic Education [862]