KORELASI ANTARA LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN KEDISIPLINAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MAN 3 SLEMAN
Abstract
Usaha untuk mencapai tujuan belajar mengajar perlu diciptakan lingkungan belajar mengajar yang kondusif ataupun berbagai komponen yang masing-masing akan saling mempengaruhi. Untuk meraih prestasi didalam maupun diluar sekolah, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi tercapainya tujuan tersebut antara lain perilaku disiplin yang ada dalam peserta didik serta lingkungan teman sebaya yang ada disekolah. Pada pra penelitian disekolah tersebut terdapat hal positif dan negatif yang terjadi dalam lingkungan teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk pengetahui adakah korelasi antara lingkungan teman sebaya dan kedisiplinan dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MAN 3 Sleman.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah angket (kuesioner) dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI di MAN 3 Sleman yang berjumlah 94 siswa. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan Stratified Purposive Sampling, analisis product moment korelasi berganda. Uji asumsinya menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan linearitas yang diolah dengan bantuan komputer program SPSS versi 21 for windows.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan dari jumlah responden 94 siswa terdapat adanya korelasi yang signifikan dari korelasi antara lingkungan teman sebaya dan kedisiplinan dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 3 Sleman. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai R berada pada tingkat koefisien 0.20-0,399 dan 0,00-0,199 dimana hal tersebut berada pada tingkat korelasi rendah yakni 06,0%.
Collections
- Islamic Education [862]