Pelaksanaan Pembelajaran Taman Pendidikan Al-Qur’an (Tpa) Dalam Mempengaruhi Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas 05 Sd 08 Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan
Abstract
Pendidikan agama merupakan proses dalam menciptakan rasa kemanusiaan.
Dengan menerapkan agama dalam kehidupan sehari-hari, diharapkan manusia dapat
hidup sebagai manusia yang menyadari kewajibannya. Mengajarkan Pendidikan agama
dilakukan sejak dini supaya anak tersebut hidupnya terarah dan tidak ke arah yang
salah. Pendidikan agama dapat dipelajari sejak kecil dengan belajar agama di sekolah
dan di TPA. Di desa Btn Karang Asam terdapat kegiatan TPA yang berada di dekat SD
08 Lawang Kidul. Walaupun lokasi TPA berada di dekat lokasi SD 8 Lawang Kidul,
akan tetapi tidak banyak siswa SD tersebut mengikuti kegiatan TPA. Padahal dengan
mengikuti kegiatan TPA, anak-anak dapat memperoleh ilmu tambahan tentang
keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran
di TPA berpengaruh dalam pembelajaran PAI dan pencapaian prestasi belajar PAI di
kelas 5 SDN 08 Lawang Kidul.
Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan menerapkan
pendekatan kualitatif. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik
observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, peneliti
menggunakan teknik analisis interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI di SDN 08 Lawang Kidul sudah
melaksanakan pembelajaran berbasis kurikulum. Pembelajaran juga disesuaikan oleh
guru dengan menerapkan proses pembelajaran, metode pembelajaran, langkah-langkah
pembelajaran dan tujuan pembelajaran kurikulum. Dengan menerapkan pembelajaran
berdasar kurikulum, dapat disimpulkan bahwa pendidikan TPA berpengaruh dalam
memahami agama dan dalam mencapai prestasi belajar baik dalam pembelajaran
akademik maupun non akademik.
Collections
- Islamic Education [863]