PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTsN 10 SLEMAN YOGYAKARTA
Abstract
Mata pelajaran bahasa Arab menjadi salah satu pelajaran bahasa asing yang ada di MTsN 10 Sleman, dilihat dari berlangsungnya kegiatan belajar mengajar masih banyak para siswa maupun siswi yang kesulitan untuk mengikutinya dikarenakan kurangnya rasa minat untuk mempelajari bahasa arab. Maka peranan aktif serta keuletan untuk membangkitkan minat peserta didik untuk belajar bahasa Arab sangat diperlukan. Minat mempunyai peran yang sangat penting dalam hal belajar karena tanpa adanya minat hasil dari belajar tidak akan memuaskan.
Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 10 Sleman Yogyakarta menggunakan pendekatan kuantitatifdengan metode pengumpulan data yaitu angket dan subyek siswa kelas VIII yang di ambil secara acak sebanyak 40 responden.Uji coba penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Uji prasyarat mengunakan uji normalitas, linieritas, dan homogenitas. Tekhnik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana.
Hasil dari penelitian diatas menunjukan bahwa minat belajar terhadap prestasi belajar mempunyai pengaruh sebesar 26,4% yang telah dibuktikan dengan (R2= 0,513 dan p = 0,001 < 0,005), sedangkan sisanya 73,6% adalah faktor lain yang mempengaruhi minat belajar, seperti motivasi belajar, lingkungan belajar, fasilitas belajar, faktor dukungan orang tua dan sebagainya.Dengan demikian Ha, “Terdapat pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar siswa kelas VIII MTsN 10 Sleman Yogyakarta” di terima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara minat belajar terhadap prestasi belajar dan berkorelasi positif, artinya antara xivariable X dan Y berpengaruh secara signifikan.
Collections
- Islamic Education [862]