Analisis Strategi Pemasaran pada PT. Radio Permata Swaranusa (MTV SKY 88,7 FM Jogja)
Abstract
Perusahaan yang berhasil dan memiliki kinerja yang baik tahu bagaimana
cara menyesuaikan diri dengan pasar yang terus-menerus berubah. Mereka selalu
melakukan perencanaan strategis dengan memonitor daya tarik industri yang
dihadapi perusahaan serta mengevaluasi kekuatan bisnis yang dimiliki
perusahaan itu sendiri. Dengan demikian perusahaan akan senantiasa mengetahui
posisi bisnisnya dipasar dan mampu mengelola usahanya. Sehingga perusahaan
akan tetap sehat walaupun peristiwa yang tidak diharapkan melanda usahanya.
Atas dasar ruang lingkup pembahasan tersebut, maka tujuan yang ingin
dicapai dalam penelitian ini adalah pertama, mengidentifikasi posisi daya tarik
pasar yang dihadapi PT. Radio Permata Swaranusa ( MTV SKY 88,7 FM Jogja )
dan posisi kekuatan bisnis yang dimiliki PT. Radio Permata Swaranusa ( MTV
SKY 88,7 FM Jogja ). Kedua menganalisa strategi pemasaran yang tepat yang
sebaiknya dilakukan perusahaan guna mempertahankan posisi dari para pesaing
di pasarnya.
Karena penelitian ini difokuskan pada analisa internal perusahaan dalam
mengumpulkan data digunakan metode wawancara, daftar pertanyaan
(kuisioner). Alat analisis yang digunakan untuk mengolah data yang diperoleh
adalah analisis Matrik Daya Tarik Industri.
Dari hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat
disimpulkan bahwa variabel-variabel yang mempengaruhi strategi pemasaran PT.
Radio Permata Swaranusa ( MTV SKY 88,7 FM Jogja ) meliputi variabel
eksternal yaitu luas pasar, pertumbuhan pasar, intensitas persaingan, kesiapan
teknologi, implikasi inflasi, daya beli konsumen, situasi sospol. Sedangkan
variabel internal meliputi pangsa pasar, pertumbuhan perusahaan, kualitas
produk, kekuatan merek, efektifitas promosi, kapasitas produksi, unit cost
produk, operasional siaran, riset dan pengembangan, kinerja karyawan. Sejauh
ini, strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan sangat baik. Hal ini juga
didukung oleh analisa posisi yang dilakukan berdasarkan Matrik Daya Tarik
Industri dimana perusahaan berada posisi kuat baik ditinjau dari besarnya daya
tarik industri maupun kekuatan bisnis, dan oleh karena itu untuk kedepannya
perusahaan sebaiknya menerapkan beberapa strategi "lindungi posisi"
sebagaimana terurai pada bab ke-lima mengenai implikasi strategi.
Collections
- Economics [2260]