PENGARUH INOVASI PRODUK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KINERJA BISNIS DAN KEUNGGULAN BERSAING (STUDI PADA SENTRA UKM GERABAH DI KASONGAN BANTUL YOGYAKARTA)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh inovasi produk dankualitas produk terhadap kinerja bisnis dan keunggulan bersaing .variabel dependen yang di gunakan dalam penelitian ini adalah keunggulan bersaing, sedangkan variable independen yang di gunakan yaitu inovasi produk dan kualitas produk, dan dalam penelitian ini juga menggunakan variable antara yaitu kinerja usaha. Sampel dalam penelitian ini di tentukan dengan metode non random sampling sehingga diperoleh 50 respon den sebagai sample. jenis data yang di gunakan adalah data primer. Metode analisis yang di gunakan adalah analisis regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) inovasi produk terhadap kinerja ini menunjukkan adanya pengaruh inovasi produk yang signifikan terhadap kinerja usaha. (2) kualitas produk terhadap kinerja ini menunjukkan
ix
adanya pengaruh yang signifikan terhadap kinerja usaha. (3) inovasi produk memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja. Hal ini berarti makin tingginya inovasi produk yang dilakukan oleh perusahaan akan menyebabkan tingginya kemampuan perusahaan untuk bersaing. (4) kualitas produk memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keunggulan bersaing. Hal ini berarti makin baiknya kualitas produk dalam perusahaan akan meningkatkan keunggulan bersaing. (5) kinerja terdapat pengaruh yang signifikan kinerja terhadap keunggulan bersaing. (6) inovasi produk mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap keunggulan bersaing melalui kinerja usaha. (7) bahwa kualitas produk secara tidak langsung berpengaruh terhadap keunggulan bersaing melalui kinerja usaha.
Collections
- Management [4527]