Pengaruh Sumber Pengetahuan Eksternal Terhadap Tipe Inovasi Pada UMKM Sektor Makanan dan Minuman di Daerah Istimewa Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Sumber Pengetahuan
Eksternal berbasis market actors dan science actors terhadap Tipe-tipe inovasi
meliputi inovasi produk, inovasi proses, inovasi pasar dan inovasi organisasi
dalam melakukan inovasi pada UMKM makanan dan minuman di D.I
Yogyakarta. Penelitian ini berbasis pada 60 sample yang diperoleh dari
penyebaran kuesioner secara langsung dan melalui google form. Dan kemudian di
analisis dengan model regresi logistik mengunakan SPSS 23.
Hasil temuan menunjukan bahwa sumber pengetahuan eksternal market base
actors berpengaruh signifikan terhadap 4 tipe inovasi. Namun prediksi terbaik
ditunjukan pada model 1 yaitu market base actors terhadap inovasi produk.
Sedangkan Analisis sumber pengetahuan eksternal Science based actors
menunjukkan tidak terdapat pengaruh terhadap 4 tipe inovasi, baik pada model 1
hingga model 4. Analisis terhadap variabel kontrol juga menunjukan tidak ada
pengaruh signifikan terhadap inovasi. Sehingga, perbedaan umur dan ukuran
perusahaan pada UMKM bukan faktor penting dalam melakukan inovasi.
Collections
- Economics [2260]