Analisis Pengaruh Kolaborasi Eksternal terhadap Performa Produk UKM di Yogyakarta
Abstract
Ada berbagai cara yang dapat digunakan perusahaan khususnya UKM yang
berada di Yogyakarta untuk dapat meningkatkan performa produk yang mereka miliki.
Cara yang dapat dilakukan adalah meningkatkan kemampuan inovasi melalui
kolaborasi dengan pihak eksternal yang nantinya akan berdampak positif pada
performa produk. Maka dari itu, penelitian yang saya lakukan memiliki tema tentang
proses peningkatan performa produk dengan kolaborasi eksternal yang dilakukan
UKM di Yogyakarta.
Jenis penelitian yang saya ambil merupakan penelitian kuantitatif. Untuk
metode pengambilan sampel, penelitian ini menggunakan teknik random sampling.
Sampel yang saya pakai dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Dari 100
responden, ada berbagai macam UKM seperti UKM dibidang kuliner, pakaian,
agrobisnis dan kerajinan. Data yang didapatkan dalam penelitian ini menggunakan
kuesioner yang dikirim langsung ke lokasi responden berada. Setelah data didapatkan,
alat analisis yang digunakan untuk mengolah data yaitu Structural Equation Model
(SEM) dengan SmartPLS 3.0.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa absorptive capacity, kolaborasi
eksternal dan kemampuan inovasi mempunyai dampak positif terhadap performa
produk. Namun, pengaruh kolaborasi eksternal terhadap kemampuan inovasi yang
dimoderasi oleh absorptive capacity tidak berdampak signifikan. Ada beberapa alasan
yang membuat pengaruh tersebut menjadi tidak signifikan yang akan dijelaskan pada
penelitian ini.
Collections
- Management [4534]