PENGARUH STRATEGY SUPPLY CHAIN DAN FLEKSIBILITAS PENGEMBANGAN PRODUK BARU TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DI UMKM GERABAH YOGYAKARTA
View/ Open
Date
2019-06-27Author
RHEZA FAHLEVI SIDIQ AL AKBAR, 14311394
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi rantai pasok terhadap fleksibilitas pengembangan produk baru, pengaruh fleksibilitas pengembangan produk baru terhadap kinerja operasional, pengaruh fleksibilitas pengembangan produk baru terhadap kinerja keuangan, pengaruh strategi rantai pasok terhadap kinerja operasional melalui fleksibilitas pengembangan produk baru dan pengaruh strategi rantai pasok terhadap kinerja keuangan melalui fleksibilitas pengembangan produk baru
Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode random sampling, yaitu mengambil sampel secara acak dari populasi yang telah ditentukan. Dalam penelitian ini menggunakan 200 UKM Gerabah. Penelitian ini menggunakan analisis SEM.
Hasil penelitian membuktikan bahwa strategi rantai pasok yang terdiri dari strategi pengikut, strategi berorientasi konsumen, dan strategi inovasi berpengaruh positif terhadap fleksibilitas pengembangan produk baru, fleksibilitas pengembangan produk baru berpengaruh positif terhadap kinerja operasional, fleksibilitas pengembangan produk baru berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan, Fleksibilitas Pengembangan Produk Baru memediasi strategi rantai pasok terhadap kinerja operasional dan Fleksibilitas Pengembangan Produk Baru memediasi strategi berorientasi konsumen terhadap kinerja keuangan, Fleksibilitas Pengembangan Produk Baru memediasi strategi inovasi terhadap kinerja keuangan dan Fleksibilitas Pengembangan Produk Baru tidak memediasi strategi pengikut terhadap kinerja keuangan.
Collections
- Management [4550]